Memperkenalkan Honda CB300F “FLEX FUEL”, Motor Sport Naked Bahan Bakar Alternatif, Cek Harganya

Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Honda India telah meluncurkan produk baru yang akan menjadi inti dari jajaran produk masa depannya, CB300F “FLEX FUEL”. Motor hadir dengan mesin berukuran sedang yang mendukung bahan bakar alternatif dengan campuran etanol hingga 85%.

Dikutip dari Greatbiker, Senin (28/10/2024), hal pertama yang harus dipahami adalah FLEX FUEL. Apa itu? Jika kita menjelaskannya dengan cara yang paling sederhana, itu adalah bahan bakar bensin yang memiliki bahan lain selain minyak. Sebagian besar, etanol adalah bahan utamanya. Ini sama sekali bukan hal baru karena di Thailand, jenis bahan bakar ini sudah digunakan. Kita dapat melihatnya di pom bensin di mana-mana. Yaitu E20 atau E85.

Pada prinsipnya, bahan bakar E20 atau E85 lebih banyak digunakan pada mobil dibanding sepeda motor. Namun saat ini, jenis bahan bakar ini lebih digemari oleh pengembang kendaraan kecil. Dan sudah banyak model sepeda motor yang mendukung jenis bahan bakar ini. Namun belum tersedia pada sepeda motor dengan ukuran mesin lebih dari 200 cc. Dan sejujurnya, Honda CB300F “FLEX FUEL” akan menjadi sepeda motor pertama di kelasnya yang berkapasitas lebih dari 200 cc yang mendukung bahan bakar E85 secara penuh.

Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)
Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)

Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)
Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)
Honda CB300F “FLEX FUEL”. (Foto: Greatbiker)

Honda CB300F “FLEX FUEL” hadir dengan slogan “GET READY TO FLEX”. Memiliki karakteristik yang sama dengan mesin standar CB300F DLX PRO, namun dukungan bahan bakarnya berbeda. Model FLEX FUEL yang mendukung bahan bakar campuran memiliki tenaga 0,5 daya kuda (ps) lebih tinggi dibanding model standar dan torsi maksimumnya meningkat 0,03 kg-m.

Model standar mendukung campuran etanol hingga 10% yang dikenal sebagai E10, tetapi fitur terbesar dari versi bahan bakar fleksibel adalah mendukung E10 hingga E85, atau campuran etanol hingga 85%. Pengembang mengklaim bahwa ini adalah model pertama yang kompatibel dengan E85 di kelas 300cc, yang kemungkinan bertujuan untuk memimpin jalan menuju netralitas karbon dalam kategori kendaraan populer ini.

Seri CB300F adalah model naked bergaya streetfighter yang dilengkapi dengan mesin satu silinder berpendingin udara-oli dengan langkah pendek 77,0 x 63,0 mm. Bodi yang ringkas memiliki berat 153 kg dengan tangki bahan bakar 14,1 liter. Dilengkapi dengan sistem keselamatan ABS standar dan rem cakram depan 276 mm dan belakang 220 mm.

Dari segi harga jual di India, sangat menarik karena CB300F FLEX FUEL dibanderol dengan harga yang sama dengan model bermesin standar, yakni 170.000 rupee. Jika dikonversi ke rupiah, harganya hanya Rp31,7 jutaan. Harga ini dinilai sebagai pilihan menarik bagi konsumen.

Peluncuran produk baru ini merupakan bagian dari gerakan netral karbon dengan fokus pada pasar yang besar. Kemungkinan besar kendaraan ini tidak akan diluncurkan secara internasional, tetapi akan dipasarkan di Asia Selatan untuk saat ini. Namun, ada kemungkinan kendaraan ini akan diperkenalkan di pasar yang menggunakan bahan bakar campuran etanol, dan Thailand merupakan salah satu negara yang sudah umum menggunakan bahan bakar jenis ini. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar