Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah ini Manfaat Gochujang

Manfaat gochujang.(Foto: The Healthy Belly)

Sukoharjonews.com – Gochujang merupakan bumbu fermentasi khas Korea bercita rasa gurih, pedas, dan sedikit manis. Bumbu ini terbuat dari campuran bubuk cabai merah, kedelai yang difermentasi, malt barley, beras ketan, bawang putih, garam, serta tambahan pemanis yang bersumber dari gula, madu ataupun sirup jagung.


Dilansir dari Klikdokter, Jum’at (31/5/2024), gochujang banyak digunakan sebagai bahan makanan khas Negeri Ginseng, seperti tteokbokki, bibimbap, kimchi jjigae, yangnyeom chicken, dan banyak lainnya.

Siapa sangka, selain serbaguna, gochujang juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan di dalamnya, berikut sederet manfaat gochujang yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu Membakar Lemak
Ekstrak gochujang diduga dapat berperan sebagai pembakar lemak alami. Berdasarkan studi yang digagas Pusan National University di Korea Selatan, ekstrak bumbu fermentasi tersebut dapat mengurangi penumpukan lemak serta menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru.

Temuan serupa dimuat dalam Journal of Food Science and Technology. Riset tersebut menemukan bahwa gochujang dapat membakar lemak, menurunkan berat badan, serta menghambat enzim pembentuk sel lemak pada tikus.


2. Meningkatkan Metabolisme
Manfaat gochujang dalam membantu menurunkan berat badan juga berasal dari kemampuannya dalam mempercepat proses metabolisme tubuh.

Hal ini masih tidak lepas dari kandungan gochujang, yaitu cabai merah. Menurut studi Purdue University di Amerika Serikat, komponen aktif cabai merah yaitu capsaicin bermanfaat meningkatkan metabolisme serta meningkatkan energi.

Akan tetapi, penurunan berat badan secara optimal tidak dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan berbahan gochujang saja. Berat badan hanya bisa diturunkan dengan diimbangi pola makan sehat bergizi seimbang, serta olahraga secara teratur.


3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah
Capsaicin dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Berdasarkan studi pada hewan dan manusia yang dikutip dari National Center for Biotechnology Information, capsaicin dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Senyawa tersebut berperan meningkatkan kadar insulin, yaitu hormon yang membantu sel tubuh menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi.
Oleh karena itu, gochujang bisa direkomendasikan sebagai tambahan bahan masakan untuk diet sehat penderita diabetes.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Manfaat gochujang berikutnya yaitu mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian yang dirilis National Institutes of Health, di Amerika Serikat, bumbu khas Korea ini diduga dapat mengurangi beberapa faktor risiko yang memicu penyakit jantung koroner.

Menanggapi manfaat ini, dr. Dyah Novita Anggraini turut mengatakan, “Gochujang bisa menurunkan kadar trigliserida di dalam darah dan liver, trigliserida merupakan kolesterol jahat yang dapat memicu penumpukan plak di dalam pembuluh darah jantung.”

Penyakit jantung koroner terjadi akibat tersumbatnya arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang mendistribusikan darah untuk sel-sel jantung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol maupun gumpalan darah di dalam arteri koroner. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *