Ragam  

Masjid di Banmati Terpaksa Ditutup, Ternyata Ini Penyebabnya

Satgas Corona Kecamatan Sukoharjo saat mendatangi lokasi Masjid At Taqwa di Kelurahan Banmati, Sabtu (1/5/2021) malam.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penutupan masjid terpaksa dilakukan oleh Satgas Corona Kecamatan Sukoharjo. Penutupan dilakukan pada Masjid At Taqwa di RT 01/01, Kelurahan Banmati, Sukoharjo. Penutupan masjid dilakukan karena imam masjid tersebut jatuh sakit dan dinyatakan positif corona.



“Setelah kejadian ini, sebanyak 50 jamaah masjid tersebut juga menjalani isolasi mandiri. Untuk lokasi masjid dan lingkungan sudah disemprot disinfektan,” terang Plt Camat Sukoharjo, Havid Danang PW, Minggu (2/5/2021).

Havid mengaku, pada Sabtu (1/5/2021), dirinya bersama Satgas Corona Kecamatan sudah mendatangi lokasi dan melakukan sejumlah tindakan antisipasi. Seperti menutup masjid serta menutup jalan akses ke lingkungan masjid untuk sementara, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan.

Dengan melakukan penutupan masjid untuk kegiatan ibadah berjamaah, Satgas berharap tidak muncul klaster di tempat ibadah tersebut. Disinggung soal imam masjid yang positif corona, Havid mengaku berawal dari gejala penyakit yang mirip corona hingga akhirnya dibawa ke RS PKU MUhammadiyah dan dinyatakan positif corona dalam tes swab PCR.

Dengan hasil itu, Satgas Corona Kecamatan kemudian melakukan pelacakan terhadap kontak erat imam masjid. Dari pelacakan itu terdapat 50 jemaah yang menjadi kontak erat selain dari keluarga. “Semua kontak erat melakukan isolasi mandiri dan semuanya juga warga kampung sekitar masjid,” ujarnya.

Dengan adanya pelaksanaan isolasi mandiri tersebut, Satgas juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait logistik. Selain itu logistik juga dibantu secara gotong royong oleh warga setempat melalui Jogo Tonggo. Untuk kontak erat keluarga dan juga yang rentan tertular, Puskesmas akan melakukan swab PCR. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *