Manfaat Yoga yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat yoga untuk kesehatan. (Foto: forbes)

Sukoharjonews.com – Yoga merupakan salah satu aktivitas menyehatkan yang ditujukan bagi segala kalangan usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Bahkan manfaat yoga bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental, seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, mengatasi stres, depresi, hingga gangguan cemas.

Melakukan yoga secara rutin memberikan manfaat yang cukup beragam, baik itu untuk tubuh, mental, bahkan kecantikan. Mengutip dari Siloam Hospital pada Jum’at (10/3/2023) simak beberapa manfaat dari yoga berikut:

1. Menstabilkan tekanan darah
Orang yang rutin melakukan yoga selama bertahun-tahun diketahui memiliki tekanan darah dan denyut nadi lebih rendah (dalam batas normal) daripada orang yang tidak melakukan yoga. Sebagaimana yang diketahui, tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu penyakit jantung . Artinya, jika tekanan darah dalam tubuh stabil, maka risiko penyakit jantung pun bisa dikurangi.

2. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Yoga dapat meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Di mana, secara tidak langsung hal ini dapat menurunkan risiko Anda mengalami cedera. Anda pun tidak perlu ragu memulai yoga apabila merasa tubuh kurang fleksibel. Justru aktivitas fisik ini akan membantu Anda memiliki tubuh yang lebih lentur. Bahkan, lansia yang rutin melakukan yoga diketahui mengalami peningkatan kelenturan hampir empat kali lipat karena otot-otot dan ligamen akan meregang selama melakukan yoga.

3. Membantu proses pemulihan
Manfaat yoga bagi tubuh berikutnya adalah mendukung proses pemulihan penyakit. Maka dari itu, yoga sering dijadikan sebagai pendamping perawatan medis. Contohnya, pasien stroke yang sedang melakukan terapi fisik dengan menerapkan yoga yang dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik.

4. Mengurangi kram perut saat menstruasi
Gerakan yoga diketahui dapat membantu mengurangi tekanan di rahim, kram, serta meringankan rasa kaku di bagian punggung bawah yang umumnya menjadi gejala PMS ( premenstrual syndrome). Salah satu pose yoga yang bisa diterapkan untuk mendapatkan manfaat ini adalah pose anak . Gerakan ini dilakukan dengan duduk menggunakan lutut dan merentangkan tangan ke depan. Posisi ini dapat membantu otot punggung menjadi rileks sehingga kram perut akan berkurang.

5. Mengurangi nyeri punggung
Yoga yang dilakukan secara rutin dapat meredakan nyeri punggung. Aktivitas fisik ini dinilai sama efektifnya dengan jenis peregangan lain yang dapat membantu penderita nyeri punggung lebih mudah bergerak. Yoga terbukti dapat meningkatkan peregangan pada tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Selain itu, yoga juga diketahui bermanfaat meredakan nyeri kronis yang disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti cedera, arthritis, hingga nyeri akibat migrain.

Demikian beberapa manfaat dari melakukan yoga yang wajib Anda coba. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar