Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Manfaat yoga untuk kesehata mental.(Foto:sudam shelar)

Sukoharjonews.com -Yoga dipraktikkan oleh lebih dari 36 juta orang Amerika dan jutaan lainnya di seluruh dunia. Sebuah disiplin yang berusia ribuan tahun, yoga memiliki akar spiritual dan filosofis.Banyak yang mempraktikkannya, terutama di AS, mencari manfaat fisiknya . Ada juga manfaat yoga yang ampuh untuk kesehatan mental Anda.

Dilansir dari Webmd, Rabu (14/8/2024), ada banyak jenis yoga . Jenis yoga yang paling banyak dipraktikkan di AS adalah hatha yoga, yang menggabungkan pose fisik dan pernapasan penuh kesadaran. Yoga dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, rentang gerak, dan kekuatan. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental, meskipun manfaatnya lebih sulit diukur. Menurut banyak penelitian, yoga dapat:

Melepaskan bahan kimia otak yang bermanfaat.
Kebanyakan olahraga memicu pelepasan bahan kimia “perasaan nyaman” di otak . Bahan kimia yang meningkatkan suasana hati ini termasuk pembawa pesan otak seperti dopamin , serotonin , dan norepinefrin. Meskipun gerakan yoga lambat dan terkontrol, gerakan yoga tetap meningkatkan detak jantung , membuat otot bekerja keras, dan merangsang pelepasan bahan kimia otak. Hasilnya, yoga bisa membuat Anda lebih bahagia.

Meredakan depresi.
Studi menunjukkan bahwa yoga dapat meredakan depresi . Para peneliti telah menemukan bahwa yoga sebanding dengan perawatan lain, seperti pengobatan dan psikoterapi . Yoga biasanya tidak mahal dan tidak menimbulkan efek samping yang sama seperti banyak obat-obatan. Bahkan dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan depresi berat . Penggunaan yoga untuk depresi memerlukan penelitian lebih lanjut karena belum banyak uji coba terkontrol.

Kurangi stres.
Ketika orang Amerika menjawab survei tentang mengapa mereka berlatih yoga, 86% dari mereka mengatakan bahwa yoga membantu mengatasi stres . Pengencangan dan relaksasi otot dapat mengurangi ketegangan. Anda juga dapat memperoleh manfaat dari suasana damai, musik yang menenangkan, dan sikap positif yang akan Anda temukan di sebagian besar kelas yoga.

Meredakan kecemasan.
Yoga dapat meningkatkan kecemasan . Latihan pernapasan yang termasuk dalam yoga mungkin sangat efektif, karena ada hubungan antara kecemasan dan masalah pernapasan . Jika Anda telah didiagnosis menderita gangguan kecemasan , yoga mungkin tidak membantu. Namun, beberapa psikolog menggunakan yoga untuk melengkapi bentuk terapi lainnya.

Tingkatkan kualitas tidur.
Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat meningkatkan kualitas tidur . Hal ini mungkin berlaku khususnya bagi orang dewasa lanjut usia. Dalam sebuah penelitian terhadap peserta yoga yang berusia di atas 60 tahun, peserta melaporkan peningkatan kualitas dan kuantitas tidur mereka. Mereka juga meningkatkan efisiensi tidur, yang mengukur persentase waktu di tempat tidur yang sebenarnya dihabiskan untuk tidur.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar