Manfaat Umbi Garut untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat umbi garut.(Foto: alinea)

Sukoharjonews.com – Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat umbi garut. Pasalnya tanaman ini kurang populer di Indonesia.

Masyarakat Indonesia memang kurang mengenal tanaman tanaman umbi garut. Meski termasuk dalam jenis umbi-umbian, tapi keberadaan umbi garut ini tidak seterkenal singkong, ubi, talas, hingga kentang.

Dilansir dari Orami, Minggu (19/5/2024), meski kurang terkenal, tapi umbi garut ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi sebelum kita membahas tentang manfaat umbi garut.

Kita pasti menduga kalau tanaman ini asalnya dari daerah Garut. Padahal aslinya umbi garut berasal dari Filipina dan banyak dijumpai di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan.

Berbeda dengan jenis umbi-umbian lainnya yang banyak ditanam di lahan pertahian, tanaman garut ini justru lebih banyak ditanam di pekarangan rumah di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan umbi garut lebih sering dijadikan sebagai cadangan makanan pada saat musim paceklik.

Umbi garut ini memili bentuk lonjong dengan warna putih agak kekuningan dan ada garis-garis horizontal pada bagian luarnya.

Dengan banyaknya kandungan di dalam umbi-umbian ini, maka tak heran kalau ada banyak manfaat umbi garut seperti:

1. Manfaat Umbi Garut untuk Obati Sakit Lambung
Manfaat umbi garut yang pertama adalah bisa mengobati penyakit lambung. Kandungan sari pati pada umbi garut ternyata bisa meningkatkan kadar pH lambung sehingga bisa menurunkan jumlah dan luka pada lambung.

Pati resisten ini yang masuk ke dalam usus besar akan difermentasikan menjadi prebiotik baik yang bisa melawan bakteri jahat. Dengan begitu usus akan bebas dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan beragam penyakit pencernaan. Selain bisa menetralisir asam lambung, umbi garut juga bisa mengurangi sakit maag yang kronis serta diare.

2. Manfaat Umbi Garut untuk Orang yang Sedang Diet
Manfaat umbi garut berikutnya selain bisa mengobati penyakit lambung adalah sangat bagus untuk orang yang sedang berdiet. Dari jurnal Umbi Garut Sebagai Alternatif Pengganti Terigu, tanaman ini telah dibudidayakan di India Barat untuk dijadikan sebagai pengganti tepung terigu.

Umbi garut memiliki kandungan karbohidrat dan energi yang cukup tinggi, tapi kadar proteinnya lebih rendah dibandingkan beras, jagung, serta umbi-umbian lainnya.

3. Manfaat Umbi Garut untuk Ibu Hamil
Dibandingkan dengan jenis umbi-umbian lainnya, umbi garut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Tanaman ini pada akarnya memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bagus untuk pembentukan DNA pada janin dalam kandungan sehingga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kandungan glutennya yang rendah juga bisa bermanfaat untuk mencegah perut kembung yang seringkali dialami oleh ibu hamil yang diakibatkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari dikarenakan pertumbuhan janin yang menekan bagian perut sehingga membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat dari biasanya hingga yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.

4. Manfaat Umbi Garut Bisa untuk Kurangi Risiko Anemia
Untuk manfaat selanjutnya dari umbi garut ini bisa mengurangi risiko anemia.

Hal ini diperkuat dari sebuah jurnal berjudul Umbi Garut Kurangi Risiko Anemia.Dalam umbi garut terdapat karbohidrat alami yang murni dan memiliki kekentalan tinggi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar