Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan.(Foto: pharmeasy)

Sukoharjonews.com – IAnda mungkin hanya makan sayuran ini saat Thanksgiving, tetapi ubi kaya akan nutrisi yang membuatnya layak untuk dikonsumsi sepanjang tahun.


Sebenarnya itu bukan kentang. Mereka secara alami merupakan akar manis dalam keluarga Morning Glory. Meskipun penduduk asli Amerika menanam ubi jalar ketika Columbus datang ke Amerika pada tahun 1492, sayuran ini tumbuh di Peru sejak tahun 750 SM.

Dilansir dari WebMD, Rabu (22/5/2024), ada raratusan jenis ubi jalar. Beberapa memiliki daging berwarna putih atau krem. Lainnya berwarna kuning, merah, atau ungu. “Covington” adalah jenis yang paling mungkin Anda temukan di toko. Kulitnya berwarna merah muda dan daging buahnya berwarna oranye cerah.

Meskipun ubi dan ubi mungkin terlihat mirip, ubi sebenarnya adalah sayuran umbi, seperti kentang biasa.

Vitamin dan mineral
Hanya satu ubi jalar memberi Anda 102% vitamin A yang Anda butuhkan setiap hari. Ini membantu menjaga kesehatan mata Anda serta sistem kekebalan tubuh Anda , pertahanan tubuh Anda terhadap kuman. Ini juga baik untuk sistem reproduksi dan organ seperti jantung dan ginjal.


Keuntungan sehat
Ubi jalar mendapat julukan “ makanan super ” karena banyaknya nutrisi yang dimilikinya. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu dalam:

Kanker .
Karotenoid dalam ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker. Ubi jalar ungu kaya akan senyawa alami lain yang disebut antosianin yang dapat menurunkan peluang Anda terkena kanker kolorektal.

kencing manis .
Senyawa dalam ubi jalar bisa membantu mengontrol gula darah . Saat direbus, ubi jalar memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, yang berarti ubi jalar tidak akan meningkatkan gula darah Anda secepat makanan dengan GI tinggi.

Penyakit jantung .
Penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat menurunkan kolesterol “jahat” LDL , yang dapat menurunkan peluang Anda terkena masalah jantung .


Risiko dan Peringatan
Ubi jalar mengandung karbohidrat yang tinggi. Beberapa metode memasak, seperti memanggang, memanggang, dan menggoreng, akan meningkatkan indeks glikemik dan menyebabkan gula darah melonjak. Jika Anda menderita diabetes tipe 2 , bicarakan dengan dokter atau ahli diet Anda tentang cara aman memasukkan sayuran ini ke dalam makanan Anda.

Meski sangat jarang, beberapa orang memiliki alergi parah terhadap ubi.

Bagaimana Mempersiapkannya
Di toko, pilihlah ubi jalar yang keras, tidak lembek, dan warna kulitnya merata. Gunakan pisau baja tahan karat untuk memotongnya. Pisau karbon akan menggelapkan daging.

Meskipun Anda biasanya menambahkan gula merah dan marshmallow pada ubi jalar saat Thanksgiving, ada cara yang lebih sehat untuk menyiapkannya. Anda bisa mengukus, memanggang, merebus, atau memasukkannya ke dalam microwave. Kentang gorengnya juga enak, tapi jangan sering dimakan. Meski menawarkan lebih banyak nutrisi dibandingkan kentang goreng yang terbuat dari kentang putih, namun tetap saja tinggi lemak.

Cara Menyimpan
Jika Anda menyimpan ubi di tempat kering dengan banyak aliran udara, ubi akan bertahan sekitar satu atau dua minggu. Jangan memasukkannya ke dalam lemari es kecuali sudah matang. Hawa dingin akan membuat bagian tengahnya keras dan mengubah rasanya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *