Manfaat timun Bagi Kesehatan

Manfaat timun.(Foto: luke coutinho)

Sukoharjonews.com – Timun merupakan sayuran populer yang tumbuh panjang, ramping, dan hijau. Secara teknis, timun merupakan buah dari keluarga yang sama dengan semangka dan labu, tetapi kebanyakan orang menganggapnya sebagai sayuran.


Dilansir dari WebMD, jum’at (30/8/2024), mentimun berasal dari India, memiliki rasa seperti melon, dan terkadang sedikit pahit.

Jenis-jenis Timun
Mengiris mentimun dimakan segar, sering kali sebagai salad. Mentimun ini bisa berukuran 12 inci atau lebih dan biasanya berkulit halus. Ada varietas “tanpa biji” yang mengandung lebih sedikit senyawa tanaman yang disebut cucurbitacin. Itu membuat mentimun ini terasa lebih lembut, dan bisa membuat Anda tidak bersendawa lagi setelah memakannya. Anda mungkin juga mendengarnya disebut “mentimun tanpa biji” atau “mentimun Eropa.”

Timun acar berukuran jauh lebih kecil dan merupakan jenis yang digunakan untuk membuat acar . Panjangnya bisa mencapai 3-7 inci, dan biasanya memiliki benjolan atau duri pada kulitnya.


Manfaat Nutrisi Timun
Satu porsi mentimun setengah cangkir mengandung sekitar 8 kalori. Mentimun mengandung sedikit vitamin K dan vitamin A dan mengandung sekitar 95% air. Mentimun juga mengandung beberapa fitonutrien. (zat kimia tanaman) yang disebut lignan.

Kalori: 30
Total lemak: 0 gram
Karbohidrat: 6 gram
Protein: 3 gram
Serat: 2 gram
Vitamin C: 10% dari nilai harian yang direkomendasikan (DV)
Vitamin K: 57% dari DV
Magnesium: 9% dari DV
Kalium: 12% dari DV
Mangan: 9% dari DV.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *