Manfaat Susu Kambing yang Perlu Anda Ketahui!

Manfaat susu kambing. (Foto: merdeka)

Sukoharjonews.com – Meski tidak setenar susu sapi, susu kambing ternyata punya manfaat yang tidak kalah bagus. Kandungan protein dan kalsium susu ini lebih tinggi ketimbang susu sapi. Tidak sampai disitu, susu kambing juga rendah laktosa dan tinggi kandungan prebiotik. 


Fitur lain yang membuat cairan bergizi ini lebih unggul adalah oligosakaridanya. Ini merupakan sejenis karbohidrat yang juga terkandung dalam ASI. Nutrisi tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga melancarkan pencernaan. 

Dikitip dari Mayenberg, pada Kamis (4/1/2024), inilah manfaat susu kambing yang perlu Anda ketahui:

1. Mudah Dicerna
Susu kambing menonjol karena daya cernanya yang luar biasa. Gumpalan lemak yang lebih kecil dalam susu kambing, berbeda dengan susu sapi, membentuk dadih yang lebih lembut dan lebih kecil di perut. Dadih yang lebih kecil ini dengan cepat dipecah oleh enzim lambung dan lebih cepat dicerna. Susu kambing juga terutama terdiri dari kasein A1 vs. A2. Kemudahan pencernaan menjadikan susu kambing sebagai produk susu yang baik untuk orang-orang dengan perut sensitif dan menawarkan pilihan nutrisi.


2. Tinggi Protein
Jika ingin memasukkan protein ekstra ke dalam makanan Anda, susu kambing adalah pilihan yang sangat baik. Satu porsi 8 ons susu murni kami mengandung 8 gram protein, memberikan penambah energi yang sempurna untuk hari Anda. Berbeda dengan banyak “susu” nabati yang sebagian besar mengandung air dan dilengkapi dengan nutrisi buatan, susu kambing adalah sumber nutrisi alami.

3. Lebih Ringan di Lingkungan
Selain susunya yang lezat, kambing perah memainkan peran penting dalam peternakan berkelanjutan. Mereka membutuhkan lebih sedikit air per galon susu yang dihasilkan dibandingkan kebanyakan ternak lainnya. Selain itu, mereka mengeluarkan metana hampir 20 kali lebih sedikit per kilogram berat badan dibandingkan dengan sapi perah, sehingga berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih hijau.

Memelihara kambing perah merupakan perwujudan dari kerja keras yang penuh cinta, jauh dari peternakan skala industri. Dengan kemampuan beradaptasi dan kualitas ramah lingkungan, seperti ketahanan terhadap panas, kambing perah dapat memainkan peran penting dalam upaya melawan perubahan iklim.


4. Pembangkit Tenaga Hidrasi & Energi
Susu kambing memiliki kadar asam lemak rantai pendek dan menengah yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Penelitian menunjukkan asam lemak ini dicerna dengan cepat, memberikan energi yang cepat bagi tubuh.

Selain itu, susu kambing mengandung nutrisi penambah hidrasi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses oleh tubuh. Waktu penyerapan yang diperpanjang ini memungkinkan tubuh menahan cairan, sehingga meningkatkan hidrasi secara keseluruhan. Susu kambing juga mengandung elektrolit penting seperti natrium dan kalium, yang penting untuk penyerapan air yang efisien.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *