Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Manfaat buah stroberi. (Foto: heatlhwire)

Sukoharjonews.com – Tidak hanya rasanya yang segar, buah berwarna merah dengan corak bintik-bintik ini pun punya banyak manfaat untuk tubuh. Strawberry merupakan sumber vitamin C dan mangan yang baik, serta mengandung folat (vitamin B9) dan potasium. Tanaman dengan nama latin fragaria ananassa ini sangat kaya antioksidan.

Buat merah berbintik hitam ini biasanya dikonsumsi mentah, serta dapat juga dijadikan selai, jeli, dan makanan penutup. Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Rabu (24/5/2023), berikut manfaat stroberi untuk kesehatan:

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anda
Stroberi adalah sumber vitamin C (asam askorbat) yang bagus, yang perlu Anda dapatkan dari makanan, karena tubuh Anda tidak dapat memproduksinya. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin penting ini akan mengalami penyakit kudis , penyakit yang menyebabkan pendarahan, memar, dan anemia. Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan luka. Dan itu dapat mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dan sistemik juga.

Vitamin C juga anti-inflamasi, menurunkan respons stres Anda yang dipicu oleh penyakit atau kesibukan Anda. Untuk menangkal kuman, peneliti menyarankan untuk mengonsumsi 100 hingga 200 miligram (mg) vitamin C sehari dan lebih banyak lagi saat Anda sakit. Karena memakan delapan stroberi ukuran sedang memberi Anda 160 mg, hanya dibutuhkan segenggam buah beri untuk membantu menjaga sistem kekebalan Anda dalam kondisi yang baik.

2. Melindungi Kesehatan Jantung
Memasukkan beberapa stroberi ke dalam mulut Anda bukan hanya cara untuk mencegah rasa lapar ini juga merupakan pilihan makanan yang menyehatkan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa stroberi dapat membantu mencegah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke, serta diabetes yang meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Makan lebih banyak stroberi juga dapat membantu Anda menurunkan kolestrol.

3. Meningkatkan Kekuatan Otak
Seiring bertambahnya usia otak Anda, ia dapat kehilangan sebagian dari ketajaman mentalnya. Namun menurut penelitian, makan stroberi melindungi kekuatan pemrosesan otak Anda seiring bertambahnya usia. Studi Kesehatan Perawat mengukur fungsi otak pada lebih dari 16.000 peserta selama enam tahun. Ditemukan bahwa orang yang makan blueberry dan stroberi paling banyak mengalami penurunan kognitif yang lebih sedikit, dan kemampuan berpikir serta pemrosesan mereka tidak terlalu melemah. Mereka memiliki kekuatan otak seseorang hingga dua setengah tahun lebih muda.

Para peneliti percaya bahwa efek perlindungan tersebut disebabkan oleh antioksidan yang melindungi sel. Beberapa antioksidan dalam stroberi juga mengurangi peradangan sistemik, saat tubuh Anda dalam keadaan peradangan terus-menerus (bengkak dan iritasi). Peradangan sistemik merupakan faktor kunci dalam perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Membantu Mengelola Gula Darah
Terlalu banyak glukosa (gula dalam darah Anda) merupakan faktor risiko diabetes tipe 2 , membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit jantung juga. Jika Anda memperhatikan kadar gula darah Anda , stroberi adalah cara yang baik untuk memuaskan rasa manis Anda. Stroberi adalah tambahan yang bagus untuk diet sehat, terutama saat Anda memakannya sendiri.

5. Mengurangi Peradangan
Peradangan internal yang meluas berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung. Faktor gaya hidup seperti pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang rendah, dan merokok dapat menyebabkan peradangan. Makan lebih banyak stroberi adalah langkah ke arah yang benar untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar