Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat pakcoy.(Foto: umsu)

Sukoharjonews.com – Pakcoy merupakan sayuran mirip sawi dengan bentuk yang lebih kecil dan pendek. Ketahui manfaat pakcoy untuk kesehatan berikut ini. Selain rasanya yang enak, manfaat pakcoy juga dapat dirasakan oleh tubuh. Ini karena sayuran pakcoy mengandung vitamin dan mineral.


Dikutip dari Mother and Beyond, pada Jumat (30/8/2024), berikut manfaat sayur pokcoy bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pakcoy mengandung antioksidan serta vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti diketahui, antioksidan bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini akan membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Adanya vitamin C juga bisa membuat imun tubuh menjadi lebih kuat dan mencegah paparan virus serta bakteri penyebab infeksi.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Pakcoy merupakan salah satu sayuran sumber serat terbaik. Mengonsumsi pakcoy secara rutin tentunya akan membantu kinerja sistem pencernaan Anda tetap terjaga dengan baik. Risiko terjadinya nyeri perut, diare, dan sembelit pun menurun. Pakcoy juga baik dikonsumsi penderita sindrom iritasi usus besar (IBS) dan penyakit Crohn.


3. Memperkuat Tulang dan Kinerja Jantung
Ada banyak kandungan mineral di dalam 100 gram pakcoy, seperti zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan fosfor. Semua ini mampu mengurangi risiko masalah pada jantung dan menjaga kinerjanya tetap optimal serta membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, rutin mengonsumsi pakcoy bisa membuat tulang menjadi lebih kuat dengan adanya kalsium dan vitamin K yang terkandung dalam sayuran ini.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Di dalam pakcoy juga terkandung beta karoten serta vitamin A. Keduanya tentu dikenal sebagai nutrisi untuk mencegah berbagai masalah kesehatan pada mata, seperti degenerasi makula dan katarak. Dengan rutin mengonsumsi pakcoy, berbagai masalah kesehatan pada mata terutama yang terjadi akibat bertambahnya usia bisa dicegah sejak dini.

5. Mendukung Kesehatan Selama Kehamilan
Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat untuk mendukung tumbuh kembang janin yang optimal. Nah, pakcoy tinggi akan kandungan tersebut. Asam folat sendiri berfungsi untuk mencegah cacat tabung saraf serta kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Folat juga bisa membantu mencegah kehamilan yang terjadi di awal kehamilan, mengobati anemia, dan mengurangi risiko preeklampsia. Selain itu, kandungan kalsium pada pakcoy mampu membantu pertumbuhan tulang janin.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *