Manfaat Salmon Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat salmon bagi kesehatan kulit.(Foto:Klikdokter)

Sukoharjonews.com – Perawatan kecantikan tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk untuk kulit dan rambut dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Kecantikan juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi seperti ikan salmon.

Dilansir dari crystalsea, Kamis (26/9/2024), ikan salmon juga direkomendasikan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Mengapa? Alasannya, kandungan gizi pada ikan salmon membawa manfaat yang signifikan bagi ibu menyusui dan juga si kecil melalui ASI yang diberikannya. Ikan salmon tidak hanya dikenal karena kelezatan dan keindahan dagingnya. Kandungan gizi yang kaya pada ikan salmon juga berkhasiat untuk meningkatkan kecantikan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat ikan salmon.

1. Melindungi kulit dari penuaan
Salmon melindungi kulit dari penuaan sehingga bisa membuat Anda terlihat lebih awet muda. Salah satu kandungan Omega-3 dalam ikan salmon, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA) mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berguna untuk menghambat enzim yang dipicu oleh sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ini merusak lapisan kolagen pada kulit yang bisa menyebabkan penuaan.

2. Mengurangi resiko kanker kulit
Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik dari vitamin D yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam hal kecantikan, vitamin D memainkan peran kunci terhadap pertumbuhan dan perbaikan sel kulit, dan bahkan dapat mengurangi risiko kanker kulit. Cocokkan menu ikan salmon dengan makanan yang kaya kalsium untuk penyerapan vitamin D yang lebih baik, seperti sayuran hijau atau keju.

3. Rambut sehat
Bukan hanya kulit, ikan salmon juga membuat rambut terlihat lebih sehat. Kandungan asam lemak Omega-3 yang esensial dalam ikan salmon mendukung kesehatan kulit kepala dan memberikan kilau pada rambut. Di sisi lain, kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut terlihat kusam.

4. Mengatasi peradangan kulit
Khasiat ikan salmon lainnya untuk kulit adalah mengurangi peradangan kulit. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu mengurangi risiko kambuhnya gejala psoriasis. Selain itu, konsumsi salmon juga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kulit, baik yang jenis non-melanoma maupun melanoma.

5. Mencegah sinar UV
DNA ikan salmon ternyata bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Sinar UV ini terbagi menjadi dua, yaitu UVA dan UVB. DNA ikan salmon dapat menghambat paparan sinar UVB hingga 90% dan sinar UVA hingga 20%. Sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar, sementara sinar UVA dapat memicu penuaan kulit. Selain itu, vitamin D yang terdapat dalam salmon juga membantu pertumbuhan dan perbaikan sel kulit serta melindungi dari radikal bebas yang berbahaya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar