Manfaat Power Nap yang Sangat Berpengaruh Pada Kesehatan

Manfaat poer nap.(Foto:Smart work)

Sukoharjonews.com – Meskipun anak-anak biasanya tidur siang hampir setiap hari, dekade-dekade berikutnya menyebabkan tidur siang menjadi lebih jarang dan lebih singkat, atau bahkan lebih pendek, hingga puncaknya terjadi lagi setelah usia 55 tahun.


Dilansir dari Verywell Mind, Senin (1/7/2024), banyak orang mengalami peningkatan rasa kantuk secara alami pada anak-anak. sore hari, sekitar 8 jam setelah bangun tidur. Penelitian menunjukkan bahwa Anda bisa merasa segar dan waspada dengan sedikit tidur siang di hari Anda.

Tidur siang di siang hari atau ‘power nap’ telah dikaitkan dengan banyak manfaat termasuk mengurangi perasaan stres , meningkatkan fokus dan memori, serta kesehatan yang lebih baik.

Berapa Banyak Tidur yang Anda Butuhkan?
Kebanyakan ahli sepakat bahwa rata-rata tubuh orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur per hari, tergantung faktor pribadi dan genetik. Namun, lebih dari sepertiga penduduk Amerika tidur kurang dari 7 jam per malam.

Dampak Kurang Tidur
Baik itu pasangan tidur yang mendengkur, bayi yang menangis, belajar hingga larut malam, atau menonton acara favorit secara berlebihan, kurang tidur terjadi ketika Anda tidur kurang dari 6 jam. Kurang tidur juga bersifat kumulatif; Jika Anda kurang tidur pada suatu hari, kemungkinan besar Anda akan merasakannya keesokan harinya, namun jika Anda tidak cukup tidur selama beberapa hari berturut-turut, Anda akan membangun ‘ hutang tidur ‘.


Suasana hati
Orang yang kelelahan mungkin juga mengalami lebih banyak perasaan stres, mudah tersinggung, dan marah. Hal ini dapat mengurangi motivasi kita dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental lainnya seperti kelelahan , depresi, kecemasan , agresi, dan penyalahgunaan zat.

Kesehatan
Orang yang kurang tidur cenderung mengalami lebih banyak sakit kepala, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan peningkatan keinginan makan yang menyebabkan penambahan berat badan. Seiring waktu, penelitian menunjukkan bahwa efek fisiologis dari utang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit ginjal.

Manfaat Tidur Siang
Tubuh sepertinya dirancang untuk tidur siang, karena tubuh kebanyakan orang secara alami menjadi lebih lelah di sore hari, sekitar 8 jam setelah kita bangun. Dorongan untuk tidur siang di sore hari disebut sleep drive . Hal ini disebabkan adanya penumpukan bahan kimia di otak yang disebut adenosin . Menariknya, kafein memblokir reseptor adenosin di otak, sehingga memungkinkan otak kita tetap terjaga dan waspada setelah minum kopi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *