Manfaat Omega 6 Bagi Kesehatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui!

Manfaat omega 6.(Foto: popmama)

Sukoharjonews.com – Omega 6 adalah asam lemak tak jenuh rantai ganda yang diperlukan oleh manusia untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Asam lemak omega 6 itu sendiri ada banyak jenis, salah satunya adalah linoleic acid yang dapat diubah oleh tubuh menjadi rantai omega 6 yang lebih panjang bernama arachidonic acid yang sering disingkat sebagai AA atau ARA. Arachidonic acid adalah salah satu jenis asam lemak omega 6 yang banyak dijumpai pada membran sel tubuh manusia. Senyawa satu ini memiliki peran yang penting dalam mengatur komunikasi antar sel. Selain itu, arachidonic acid juga merupakan senyawa penyusun bagi senyawa-senyawa penting lainnya di dalam tubuh manusia.

Dilansir dari Realfood, pada Rabu (23/10/2024), berikut ragam manfaat omega 6 untuk kesehatan kulit:

1. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari
Meskipun bermanfaat bagi kesehatan tubuh, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga bisa berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan kulit. Jika Realfoodfam terkena paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan penuaan kulit.

Kabar baiknya, kandungan omega 6 dapat menguatkan skin barrier sebagai pelindung utama dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi. Selain itu, omega 6 juga berfungsi untuk mencegah peradangan kulit yang terjadi karena paparan sinar matahari yang terlalu lama.

2. Menyamaratakan Warna Kulit
Omega 6 dapat merangsang pergantian sel. Dengan begitu, sel-sel baru yang sehat muncul permukaan kulit untuk menggantikan yang kusam dan mati. Dengan proses ini, maka kulit menjadi lebih cerah, melembutkan tekstur kulit, dan menyamaratakan warna kulit.

3. Mencegah dan Mengurangi Jerawat
Manfaat omega 6 lainnya adalah mengatasi masalah jerawat. Tentunya, ini adalah permasalahan kulit yang seringkali dialami. Jika Realfoodfam kerap memiliki permasalahan jerawat yang membandel, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 6. Pasalnya, menurut penelitian, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 6 dapat mengurangi risiko breakout pada kulit wajah.

4. Mengurangi Efek Penuaan Dini
Bagi kaum hawa, munculnya kerutan, garis halus, ataupun noda hitam pada kulit wajah tentu saja menakutkan. Pasalnya, gejala penuaan dini tersebut dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak segar. Namun, tenang saja karena omega 6 dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit sehingga terlihat awet muda.

Demikian beberapa ragam manfaat omega 6 bagi kesehatan kulit.(Patrisia Argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *