Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan yang Membuat Waktu Luang Menjadi Lebih Bermanfaat

Manfaat berolahraga. (Foto: pinterest)

Sukoharjonews.com – Olahraga sering kali dikaitkan dengan konteks penurunan berat badan dan budaya diet serta sebagai cara untuk menyesuaikan tubuh dengan ekspektasi masyarakat yang terus berubah, padahal berolahraga sejatinya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Faktanya, manfaat kesehatan dari olahraga sangat banyak – begitu banyak sehingga sulit untuk dihitung.


Begitu banyak manfaat dari olahraga, misalnya untuk kesehatan mental, seperti membantu menjalani kehidupan yang lebih bahagia, lebih terhubung, dan mengurangi stres. Dikutip dari Pop Sugar, Sabtu (6/1/2024) berikut merupakan berbagai manfaat dari berolahraga bagi kita semua:

• Tidur menjadi lebih baik
Berolahraga di siang hari dapat membantu diri sendiri lebih bisa bersantai di kemudian hari ketika tiba waktunya tidur. Namun pastikan untuk berolahraga setidaknya satu atau dua jam sebelum tidur, agar tubuh Anda memiliki cukup waktu untuk bersantai.

• Meningkatkan mood
Olahraga adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kadar endorfin, hormon yang dilepaskan tubuh saat merasakan sakit atau stres yang meningkatkan rasa sejahtera. Olahraga dikaitkan dengan tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah, dan dalam jangka panjang, orang yang berolahraga terbukti memiliki respons stres yang lebih rendah terhadap peristiwa stres.


• Mengurangi stres dan depresi
Depresi memang rumit, tetapi kabar baiknya adalah olahraga dapat membantu orang mengelola gejalanya selain memberikan peningkatan suasana hati yang cepat. Ada banyak manfaat olahraga untuk kesehatan mental, namun bukti menunjukkan bahwa aktif dapat membantu mengatasi stres dan depresi secara spesifik.

• Tulang lebih kuat dan otot lebih banyak
Memprioritaskan kesehatan tulang dan otot ketika masih muda dapat membuat perbedaan besar seiring bertambahnya usia. Latihan menahan beban dan ketahanan seperti jalan kaki, hiking, jogging, dan angkat beban yang memaksa bekerja melawan gravitasi adalah jenis latihan terbaik untuk memperkuat tulang. Mempertahankan kekuatan otot juga dapat membantu mencegah cedera dan mempermudah tugas sehari-hari.

• Jantung lebih sehat
Berolahraga berdampak positif pada beberapa faktor risiko yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol “jahat”, serta meningkatkan kolesterol baik dan sensitivitas insulin. Orang yang lebih aktif cenderung lebih sedikit terkena penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang tidak banyak bergerak. Jantung memberi kekuatan pada tubuh, dan berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk merawatnya dengan baik.


• Mempunyai kebiasaan yang lebih baik
Memiliki jadwal olahraga yang konsisten dapat berdampak positif pada area lain dalam hidup, seperti cukup tidur sehingga dapat bangun pagi untuk pergi ke gym, atau menyiapkan makanan sehat dan kaya protein selama seminggu yang akan melengkapi semua latihan kekuatan yang telah direncanakan sebelumnya.

• Mempunyai lebih banyak energi
Olahraga sebenarnya dapat membantu memberikan lebih banyak energi, bukan mengurasnya, terutama jika melakukannya secara konsisten dan juga benar. Ingat, tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan energi dari olahraga.

• Meningkatkan hubungan dengan sesama manusia
Berolahraga di lingkungan sosial adalah cara yang bagus untuk bertemu orang-orang dan menikmati hubungan antarmanusia. Berolahraga bersama orang lain telah terbukti memberikan dampak yang lebih positif terhadap kesejahteraan dibandingkan berolahraga sendirian.


• Kulit menjadi lebih bersih
Olahraga meningkatkan aliran darah, menurut American Academy of Dermatology, “dengan berolahraga dapat menyediakan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit dan membersihkan kotoran dari kulit.” Stres yang hilang juga akan mengurangi terjadinya masalah kulit yang berhubungan dengan stres (misalnya jerawat, eksim).

• Meningkatkan imunitas
Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu meningkatkan kekebalan seluler dengan meningkatkan sirkulasi sel kekebalan dalam tubuh. Hal ini membantu tubuh menjadi lebih siap menghadapi infeksi di masa depan dengan mendeteksinya lebih awal.

• Perawatan diri terjadwal
Olahraga adalah perawatan diri dalam banyak hal, termasuk banyak alasan yang disebutkan di atas. Olahraga adalah tindakan perawatan diri yang jelas dan hanya untuk diri sendiri. Memberikan waktu untuk terhubung kembali dengan tubuh dan beristirahat dari kesibukan untuk mengurus diri sendiri.(Wisnu-Mg3/cita)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *