Manfaat Nasi Jagung untuk Kesehatan

manfaat nasi jagung.(foto:cookpad)

Sukoharjonews.com – Jagung adalah sayuran bertepung yang dimakan di seluruh dunia. Bentuknya seperti biji tongkol yang ditutupi kulit. Ini adalah salah satu sayuran paling populer di Amerika. Di Amerika Latin, kulitnya digunakan untuk membuat tamale, dan jagung giling digunakan sebagai bahan dasar banyak resep tradisional, termasuk tortilla.

Dilansir dari WebMD, Minggu (4/8/2024), para petani di Meksiko selatan pertama kali menanam jagung sekitar 10.000 tahun yang lalu dari rumput liar yang disebut teosinte. Biji teosinte jauh lebih kecil dibandingkan biji jagung modern. Ketika para petani dengan hati-hati memilih benih jagung mana yang akan ditanam kembali, jagung berevolusi menjadi versi yang Anda kenal sekarang.

Penduduk asli Amerika Utara dan Selatan menanam jagung, yang mereka sebut jagung. Orang-orang Eropa yang datang ke New England mempelajarinya dan membawanya kembali ke negara asal mereka. Para peziarah Koloni Plymouth dan anggota Suku Wampanoag mungkin makan jagung pada makan malam Thanksgiving pertama pada tahun 1621.

Jagung terkadang mendapat reputasi buruk karena mengandung banyak gula dan karbohidrat alami. Namun jangan mengabaikan manfaat kesehatan dari sayuran serbaguna ini. Karena jagung secara alami bebas gluten , ini adalah pilihan yang baik untuk digunakan sebagai pengganti gandum. Itu juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan penting, yang dapat membantu kesehatan Anda dalam beberapa cara.

Apakah jagung termasuk sayuran?
Jagung bisa dianggap sebagai biji-bijian atau sayuran. Jika biji jagung dipanen dalam keadaan kering dan matang sepenuhnya, jagung akan menjadi biji-bijian. Itu jenis yang dibuat menjadi tepung jagung untuk roti jagung, tortilla, keripik, dan kerupuk, atau dimakan sebagai popcorn. Jika biji jagung dipanen dalam keadaan cair dan lunak, maka jagung dianggap sebagai sayuran. Ini adalah jenis yang Anda makan sebagai jagung rebus atau sebagai lauk dengan sayuran lainnya.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan
Jangan biarkan rasa manis membodohi Anda. Memilih produk jagung dan gandum utuh — dibandingkan makanan yang diolah dari tepung putih — dapat berdampak baik bagi kesehatan Anda dalam banyak hal.

Kesehatan mata
Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang mirip dengan vitamin A dan sering ditemukan pada sayuran berwarna kuning dan hijau tua. Mereka dikenal menurunkan risiko degenerasi makula, katarak, dan kondisi mata lainnya.

Kesehatan pencernaan
Jagung kaya akan serat makanan, yang penting untuk menjaga gaya hidup sehat. Serat, juga dikenal sebagai serat curah, mencakup bagian makanan nabati yang tidak dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh Anda. Meski tidak dapat dicerna, serat pada jagung menawarkan banyak manfaat lain, seperti mengatur pergerakan usus dan mengatur kadar gula darah.

Popcorn juga dapat membantu mencegah divertikulitis , suatu kondisi yang menyebabkan munculnya kantong di dinding usus besar , bagian tubuh di bawah perut Anda. Dalam sebuah penelitian besar, pria yang makan lebih banyak popcorn memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit divertikular.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar