Tips  

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Peliharaanmu

anfaat minyak ikan untuk kesehatan hewan.(Foto:oyen pet)

Sukoharjonews.com – Minyak ikan merupakan suplemen yang berasal dari ikan air dingin, seperti salmon. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). EPA dan DHA bertindak sebagai agen anti inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk penyakit inflamasi termasuk alergi kulit (atopi) dan dermatitis, arthritis, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit inflamasi usus, diabetes, epilepsi, dan beberapa jenis kanker. Minyak ikan digunakan secara luas pada kucing dan anjing, serta kuda.


Dilansir dari VCA Animal hospital, Kamis (18/7/2024), suplemen makanan adalah zat yang dapat digunakan untuk melengkapi pola makan, seperti vitamin, mineral, asam amino, herbal, tumbuhan, enzim, dan probiotik. Meskipun banyak suplemen yang dijual bebas, suplemen tersebut masih mengandung bahan-bahan yang memiliki efek biologis yang harus dikelola oleh dokter hewan Anda. Ikuti petunjuk dan peringatan dokter hewan Anda dengan sangat hati-hati karena petunjuknya mungkin sangat berbeda dari yang tertera pada label.

Terdapat perbedaan dalam cara negara mengatur suplemen. Di Amerika Serikat, zat-zat ini tidak diatur secara ketat oleh FDA seperti obat-obatan lain, yang berarti zat-zat tersebut dapat dijual tanpa produsen membuktikan keefektifan, keamanannya, dan tanpa jaminan bahan-bahan yang dilaporkan secara konsisten atau akurat. Di Kanada, produk yang telah dievaluasi kualitas, keamanan, dan efektivitasnya oleh Health Canada dan diizinkan untuk dijual akan memiliki nomor lisensi pada labelnya.


Seberapa efektifkah minyak ikan?
Minyak ikan telah diteliti lebih banyak pada hewan daripada kebanyakan suplemen makanan, dan penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan efektif untuk mengobati penyakit kulit alergi dan beberapa jenis kanker. Dengan kondisi lain, diperlukan lebih banyak penelitian.

Bagaimana cara pemberian minyak ikan?
Minyak ikan diberikan melalui mulut dalam bentuk cairan atau kapsul. Dapat diberikan dengan atau tanpa makanan; Namun, jika sakit perut terjadi saat pemberian obat dilakukan pada waktu perut kosong, berikan dosis berikutnya bersama makanan. Minyak ikan dapat dengan mudah dicampurkan ke dalam makanan basah. Ukur bentuk cair dengan hati-hati.

Obat ini dapat memakan waktu hingga beberapa minggu sebelum efek penuh terlihat, namun perbaikan bertahap biasanya terlihat.


Bagaimana jika saya lupa memberikan suplemen pada hewan peliharaan saya?
Jika Anda melewatkan satu dosis, berikan saat Anda ingat, tetapi jika sudah dekat dengan waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang Anda lewatkan dan berikan pada waktu yang dijadwalkan berikutnya, dan kembali ke jadwal pemberian dosis biasa. Jangan pernah memberikan hewan peliharaan Anda dua dosis sekaligus atau memberikan dosis tambahan.

Apakah ada potensi efek samping?
Minyak ikan umumnya sangat aman. Efek samping, terutama pada dosis tinggi, mungkin termasuk diare, muntah, penyembuhan luka yang tertunda, kantuk, bau amis pada napas atau kulit, rasa gatal yang semakin meningkat, atau lapisan berminyak dan serpihan kulit. Penghentian suplemen harus mengatasi efek samping ini. Pada kucing, perubahan pembekuan darah bisa terjadi. Efek samping yang serius termasuk sakit perut yang terus-menerus, radang pankreas (pankreatitis), pendarahan atau memar yang tidak normal, atau keracunan logam berat yang ditandai dengan hilangnya nafsu makan, inkoordinasi, atau kejang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *