Manfaat Minyak Geranium untuk Rambut

Manfaat minyak geranium.(Foto: hellosehat)

Sukoharjonews.com – Minyak geranium secara ilmiah dikenal sebagai pelargonium graveolens. Minyak ini umumnya digunakan sebagai bahan utama dalam produksi parfum, kosmetik, dan produk lainnya. Minyak esensial ini juga digunakan dalam perawatan aromaterapi untuk berbagai masalah rambut dan kulit.

Dikutip dari Healthshots, pada Kamis (25/7/2024), minyak esensial geranium terkadang disebut ‘minyak mawar untuk orang miskin’. Minyak ini juga dikenal sebagai pengganti minyak esensial mawar yang terjangkau karena banyak manfaat kosmetiknya. Minyak ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang efektif dalam mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk rambut rontok, kulit kepala gatal, dan kulit kepala berbau. Berikut manfaat minyak geranium untuk rambut:

1. Memerangi ketombe
Ketombe merupakan masalah umum yang dialami hampir setiap orang di beberapa titik dalam hidup mereka. Ketombe yang terus-menerus kering disertai rasa gatal yang terus-menerus dapat mengganggu. “Namun, sifat antijamur dalam minyak geranium dapat membantu mengatur pertumbuhan jamur di kulit kepala dan menghilangkan ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepala. Selain itu, minyak ini mengurangi pengelupasan, peradangan, dan rasa gatal, sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat.

2. Mengurangi rambut rontok
Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang semakin parah, menambahkan geranium dapat membantu. Konsentrasi antioksidan dan flavonoid yang tinggi melawan radikal bebas yang menyebabkan rambut rontok. Ditambah lagi, dengan sifat antibakteri yang sangat baik, geranium mencegah semua pertumbuhan jamur dan bakteri yang merusak kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Plants Journal.

3. Mengatur produksi minyak
Minyak geranium memiliki sifat astringen, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Plants Journal. Minyak ini membantu mengatur produksi sebum di kulit kepala. Keseimbangan pH yang teratur mendorong pertumbuhan rambut yang optimal. Minyak ini memiliki sifat menenangkan yang melembabkan kulit kepala dan membantu Anda menghilangkan rambut kering. Di sisi lain, mengoleskan minyak geranium mengurangi produksi sebum jika rambut berminyak.

4. Menenangkan kulit kepala yang gatal dan teriritasi
Minyak geranium dapat membantu menenangkan kulit kepala yang gatal dan teriritasi . “Sifat antiperadangannya membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi kemerahan dan nyeri. Ditambah lagi, minyak geranium memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mencegah pembentukan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi kulit kepala,” kata sang ahli. Tindakan gabungan ini menjadikannya obat yang sangat efektif untuk berbagai masalah kulit kepala.

5. Membuat rambut lebih kuat
Bayangkan rambut Anda seperti sebuah bangunan. Protein adalah batu bata yang membuatnya kuat. “Minyak geranium memiliki konsentrasi asam amino yang tinggi, yang merupakan blok pembangun protein. Ketika asam amino ini berpadu, rambut Anda akan menjadi lebih kuat. Jadi, memanfaatkan minyak geranium dapat membantu rambut Anda agar tidak mudah patah.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar