Manfaat Mengejutkan Mengonsumsi Kimchi

Manfaat kimchi untuk kesehatan.(Foto: tokopedia)

Sukoharjonews.com – Kimchi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran, seperti kubis atau lobak, yang dicampur dengan bawang putih, garam, cabai, jahe, serta bumbu lainnya. Setelah itu, makanan ini difermentasi. Kimchi sebenarnya mirip dengan acar yang biasanya disajikan bersama nasi goreng atau martabak, dan memiliki cita rasa yang asin dan asam. Satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, dan 3 gram serat. Kimchi tidak mengandung lemak.

Dikutip dari Helathshots, pada Sabtu (22/6/2024), berikut manfaat mengonsumsi kimchi:

1. Membantu penurunan berat badan
Kimchi biasanya rendah kalori, menjadikannya tambahan makanan yang sehat bagi mereka yang memperhatikan asupan kalorinya.

Manfaat kimchi mungkin dikaitkan dengan pengelolaan berat badan dan penurunan risiko obesitas.

2. Melawan peradangan
Bahan-bahan dalam kimchi, seperti bawang putih, jahe, dan cabai, kaya akan antioksidan yang membantu melawan stres oksidatif dan peradangan.

3. Membantu pencernaan
Kimchi kaya akan bakteri menguntungkan (probiotik) yang meningkatkan mikrobioma usus yang sehat, membantu pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Manfaat fermentasi
Proses fermentasi meningkatkan bioavailabilitas nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Ingat, meskipun kimchi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi moderasi adalah kuncinya karena kandungan natriumnya yang tinggi.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar