Manfaat Meminum Secangkir Teh

Manfaat minum secangkir teh.(Foto:Ucla Health)

Sukoharjonews.com -Dinikmati selama berabad-abad, teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan kabar baiknya adalah secangkir teh sederhana dapat memberikan lebih dari sekedar minuman yang menghidrasi. Ahli gizi terdaftar Kerry Torrens menunjukkan banyak manfaat kesehatan dari minuman populer ini.

Dilansir dari BBC Good Food ,Rabu (7/6/2024), Teh adalah minuman yang dihasilkan dengan menyeduh daun muda dan kuncup daun tanaman Camellia sinensis dalam air yang baru direbus. Jenis teh utama termasuk hitam, hijau , putih dan oolong.

Masing-masing daun memiliki rasa dan karakteristik yang unik, bergantung pada asal daun dan metode pengolahannya, termasuk apakah daun tersebut difermentasi (hitam), tidak difermentasi (teh hijau dan putih), atau semi-fermentasi (teh oolong). Meskipun sering disebut sebagai ‘teh’, infus herbal dan rooibos dibuat dari tanaman yang berbeda, sehingga tidak memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti secangkir teh tradisional.

Bagaimana teh dibuat?
Daun teh melalui beberapa atau seluruh tahap pelayuan, penggulungan, fermentasi dan pengeringan, dengan tujuan untuk mengeringkan daun dan memungkinkan sifat unik teh muncul. Yang membedakan berbagai jenis teh adalah tingkat fermentasi yang dialaminya – teh putih menerima hasil paling sedikit, kemudian teh hijau, oolong, dan terakhir, teh hitam. Proses fermentasi mengubah polifenol dalam teh, menjadikannya lebih pekat dan kompleks; semakin besar fermentasinya, semakin gelap warnanya dan semakin dalam rasa tehnya.

Apakah teh mengandung kafein?
Semua teh dari tanaman Camellia sinensis secara alami mengandung kafein . Jumlah kafein bervariasi tergantung pada tingkat pemrosesan dan waktu penyeduhan terakhir  teh putih yang diproses secara ringan memiliki kafein paling banyak dalam keadaan kering, namun karena diseduh dalam waktu paling singkat maka cenderung mengandung paling sedikit kafein dalam teh yang diseduh. membentuk. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan termasuk seberapa panas air yang digunakan untuk menyeduh dan lamanya waktu perendaman.

Apakah teh baik untukmu?

  • Kaya akan senyawa tanaman pelindung
  • Dapat meningkatkan tekanan darah
  • Dapat meningkatkan kesehatan jantung
  • Dapat memodulasi respons glikemik
  • Dapat mengurangi risiko diabetes
  • Dapat meningkatkan kesehatan usus
  • Dapat mengurangi risiko kanker
  • Dapat mengurangi stres dan kecemasan
  • Dapat meningkatkan perhatian dan fokus
  • Dapat mendukung kesehatan tulang.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar