Manfaat Melon Madu untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat melon madu. (Foto: tasting table)

Sukoharjonews.com – Melon madu adalah buah favorit keluarga, terutama selama bulan-bulan musim panas yang hangat dan awal musim gugur, saat musimnya tiba. Melon hijau cerah ini memberikan rasa manis yang tak tertahankan, sedikit asam.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (17/9/2024),buah populer ini juga kaya akan nutrisi, yang bermanfaat bagi kesehatan kita dalam banyak cara. Baca terus untuk mempelajari semua manfaat melon madu yang menakjubkan.

Nutrisi Melon Madu
Pertama, mari kita lihat sekilas rincian nutrisi melon madu, menurut basis data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA):

Melon Madu (1 cangkir potong dadu, 170 gram)
Makronutrien
Kalori: 153 kalori
Protein: 1 gram (g)
Total Karbohidrat: 16 g Serat: 1,4 g Gula: 14 g Lemak: 0 g Air: 153 g, 90 persen volume total

Manfaat Buah Melon
Profil nutrisi yang mengesankan ini menjadikan melon madu sebagai penunjang kesehatan secara menyeluruh dalam berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa bidang kesehatan yang paling terdampak positif oleh melon madu:

Kesehatan Imun
“Melon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan ,” kata Amy Davis, RDN. Selain itu, senyawa tanaman yang ditemukan dalam melon juga bertindak sebagai antioksidan yang mengurangi peradangan tubuh dan melawan molekul radikal bebas penyebab penyakit, yang selanjutnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kesehatan Metabolisme
Meskipun melon madu mengandung sekitar 14 gram gula alami per satu cangkir sajian, melon madu sebenarnya bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah metabolisme, seperti diabetes tipe 2. “ Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 3,5 hingga 5 ons buah setiap hari, termasuk melon madu, dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan komplikasi bagi mereka yang telah didiagnosis menderita diabetes tipe 2,” kata Julie Pace, RDN. Hal ini kemungkinan besar berkat serat pengatur gula darah dan antioksidan pengurang peradangan yang terkandung dalam buah kesayangan ini.

Kesehatan Jantung
Serat, terutama serat larut , yang ditemukan dalam melon madu juga mendukung kesehatan jantung dengan mengikat kolesterol makanan di usus halus , mengeluarkannya melalui tubuh sebagai limbah dan mengurangi penyerapan ke dalam aliran darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam sirkulasi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding vena dan arteri, gejala khas penyakit jantung tertentu. “Lonjakan ini juga merupakan sumber kalium yang baik, yang membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah,” imbuh Pace.

Kesehatan Usus
“Melon dapat membantu melancarkan pencernaan dan keteraturan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi,” kata Davis. Kedua nutrisi tersebut membantu menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan, sementara serat larut yang ditemukan dalam buah ini berfungsi sebagai makanan bagi bakteri sehat dalam mikrobioma usus—yang selanjutnya mendukung tidak hanya kesehatan usus tetapi juga kesehatan kekebalan tubuh.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar