Manfaat Masker Tidur untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Manfaat masker tidur untuk tidur.(Foto: kumparan)

Sukoharjonews.com – Jika Anda mengira masker tidur hanya membantu menghalangi cahaya dari mata saat tidur, Anda salah! Menggunakan masker tidur adalah solusi yang terjangkau dan mudah dibawa untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih baik. Masker tidur dikatakan dapat membantu meningkatkan produksi melatonin, yang sangat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini pada gilirannya membantu mempertahankan siklus tidur-bangun, membuat Anda lebih segar saat bangun keesokan paginya. Bahkan, masker tidur juga dapat membantu mencegah mata kering dan gatal keesokan harinya.

Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (23/10/2024), berikut manfaat masker tidur untuk tidur:

1. Memblokir cahaya buatan
Terpapar cahaya saat tidur dapat mengganggu isyarat tidur alami tubuh Anda. Ini karena cahaya buatan dapat menekan melatonin, hormon pemicu tidur. Kekurangan melatonin dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti insomnia. Masker mata membantu menghalangi cahaya buatan yang mencegah Anda tertidur. Saat ini, kita lebih banyak terpapar cahaya biru buatan yang dipancarkan dari ponsel dan televisi. Hal ini membuat kita sulit tertidur.

Menurut Springer Journal , ritme sirkadian kita dipengaruhi oleh cahaya, sehingga masker tidur sangat bermanfaat untuk menghalangi cahaya berlebih demi tidur berkualitas di malam hari. Studi lain tahun 2017 yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research menemukan bahwa penggunaan masker tidur dan penyumbat telinga dapat memberikan efek positif pada kualitas tidur subjektif pasien di unit perawatan intensif.

2. Mengurangi risiko insomnia
Jika Anda kesulitan untuk tertidur sesekali, masker tidur juga dapat membantu memblokir “suara” tambahan yang datang dari otak. Bahkan dengan mata tertutup, Anda masih dapat merasakan dan merasakan aktivitas yang terjadi di sekitar Anda. Masker tidur dapat memberi ruang bagi perampasan sensorik, menghilangkan gangguan tambahan yang membuat Anda terjaga di malam hari, seperti cahaya di sekitar Anda yang terus mengganggu tidur Anda.

3. Dapat meredakan sakit kepala
Menurut Journal of Neuro-ophthalmology , fotofobia atau kepekaan terhadap cahaya merupakan salah satu tanda umum migrain kronis. Siapa pun yang menderita migrain pasti pernah merasakannya saat migrain menyerang di siang hari, sehingga sulit menemukan ruangan gelap untuk kembali ke kondisi normal. Masker tidur dapat memberi Anda waktu istirahat yang sangat Anda butuhkan, di mana pun Anda berada. Ini bahkan lebih berguna saat Anda tidak memiliki tirai yang gelap atau perlu beristirahat di tempat kerja, masker tidur memberikan sedikit kelegaan dan jeda dari migrain yang akan datang.

4. Dapat membantu meminimalkan mata kering
Bahasa Indonesia: Jika Anda bangun dan memiliki mata yang teriritasi atau gatal, masker tidur dapat membantu mengatasi kondisi mata kering itu, menurut BMJ Open Ophthalmology . Risiko mata kering dapat bertambah parah jika Anda menyalakan pemanas atau pembersih udara saat Anda tidur. Dalam kasus ini, pelembap udara dapat membantu menyeimbangkannya dengan mendatangkan lebih banyak kelembapan. Tetapi itu adalah alternatif yang sangat mahal dan perawatannya sangat tinggi untuk menjaga uap tetap bersih dan tersaring. Namun, masker tidur dapat menyelamatkan Anda dalam kasus tersebut. Meskipun tidak dapat menambah kelembapan kembali ke rumah Anda, masker itu dapat mengunci kelembapan di sekitar mata Anda, menjaganya tetap terhidrasi, atau melindunginya dari debu dan alergi.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar