Manfaat Mandi Pada Malam Hari

Manfaat mandi di malam hari. (Foto: depositphoto)

Sukoharjonews.com – Mandi memberikan kesempatan intim untuk melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh Anda. Keinginan untuk mandi pagi tidak terpengaruh dengan mandi malam. Mandi malam, sebaliknya, memiliki beberapa efek menenangkan.

Tahukah Anda bahwa mandi di malam hari dapat membantu meredakan stres setelah seharian bekerja. Mengutip dari Bscholarly, pada Minggu (30/4/2023), berikut manfaat mandi pada malam hari:

1. Mengurangi Kemungkinan Berjerawat
Jika Anda mandi di pagi hari dan kemudian menjalani hari Anda, Anda mungkin menghasilkan jerawat di kulit Anda begitu Anda pulang ke rumah dan pergi tidur. Ini karena kulit kita mengumpulkan berbagai jenis zat, kotoran, keringat, serta minyak sepanjang hari, yang jika dibiarkan di kulit dapat menyebabkan iritasi kulit dan menghasilkan jerawat.

2. Mandi Malam Dapat Meredakan Pilek Dan Flu Gejala
Untuk hidung tersumbat dan batuk yang tidak enak, uap dari mandi air panas bekerja sangat baik. Kemacetan disebabkan oleh peradangan pada saluran hidung, dan uap membantu membersihkan sumbatan lendir dengan menggerakkan pembuluh darah di wajah dan hidung Anda. Mandi malam yang hangat juga dapat membantu sistem kekebalan Anda melawan penyakit dengan lebih efektif.

3. Membantu Relaksasi
Meskipun air menyelimuti kita saat kita mandi, kita terhanyut dalam daya pikat air, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan jika kita mandi di malam hari. Tampaknya berlawanan dengan intuisi bahwa mandi di malam hari membuat kita merasa lebih berenergi, tetapi kita tidak bisa tidur. Namun, ini mungkin bukan masalahnya. Menghangatkan tubuh Anda dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak asalkan Anda memberikan waktu untuk mendinginkannya, menurut sebuah penelitian terbaru dari University of Texas. Satu hingga dua jam sebelum tidur, mandi atau mandi selama 10 hingga 15 menit dengan suhu antara 104 dan 108,5 derajat Fahrenheit untuk meningkatkan kualitas tidur, efisiensi, dan latensi onset.

4. Ini Akan Menghilangkan Kuman Dari Tempat Tidur Anda
Saat Anda berbaring di tempat tidur tanpa mandi, bakteri dan kotoran di kulit dapat berpindah ke bantal dan tempat tidur Anda. Jika hal ini terjadi, kuman dan kotoran dapat tertinggal di tempat tidur meskipun Anda sudah mandi sendiri. Rambut Anda, khususnya, menyimpan berbagai bakteri, dan jika Anda tidak mencucinya, itu akan menginfeksi bantal dan menyebabkan jerawat di wajah Anda. Mandi di malam hari akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan kebersihan dan kulit Anda, apakah Anda menginginkan sedikit istirahat 20 menit yang diinginkan setiap orang sebelum mulai bekerja atau bahkan mungkin kulit yang lebih sehat. Mandi di malam hari akan membantu meningkatkan kesehatan Anda.

5. Meredakan migrain
Saat Anda kesakitan, saraf di seluruh tubuh Anda mengirimkan sinyal ke otak Anda. Suhu kulit mempengaruhi ujung saraf ini. Mandi air panas meningkatkan suhu tubuh, aliran darah di area tersebut, dan respons nyeri tubuh, yang semuanya membantu meredakan gejala migrain.

6. Mencegah Reaksi Alergi
Beberapa orang alergi terhadap benda-benda di lingkungannya, seperti debu dan polusi. Mandi malam hari akan menghilangkan semua iritasi yang tersimpan di rambut dan kulit Anda. Ini mencegah perpindahan mikroorganisme penyebab alergi ke sprei Anda, mencegah Anda dari reaksi alergi.

Namun, saat mandi di malam hari, perlu diingat bahwa sebaiknya gunakan air hangat saja. Setelah Anda selesai mandi, keringkan tubuh dan rambut Anda secara menyeluruh dengan handuk bersih sebelum kembali ke tempat tidur. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar