Manfaat Makan Temu Kunci untuk Kesehatan

Manfaat temu kunci.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Temu kunci tak hanya rempah yang bermanfaat untuk bumbu masak saja, tapi juga berkhasiat bagi kesehatan. Rempah yang mempunyai nama latin Curcuma longa ini, adalah tumbuhan yang terkenal sejak ribuan tahun mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan. Bagian dari anggota keluarga Zingiberaceae, rempah ini mempunyai ciri khas akar berwarna oranye kemerahan.

Dilansir dari Grid Health, Kamis (20/6/2024), terdapat bermacam-macam senyawa bioaktif yang dapat membantu mencegah atau mencegah masalah kesehatan.Sejumlah penelitian juga telah dilakukan untuk mempelajari manfaat bahan alami ini.

1. Meredakan peradangan
Senyawa kurkumin yang terdapat dalam temu kunci memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ini membuat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan peradangan dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan kurkumin dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan bahkan penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko kanker
Kurkumin juga telah terbukti memiliki potensi dalam mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker. Ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis, yaitu kematian sel kanker.

Studi-studi awal menunjukkan bahwa temu kunci dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

3. Fungsi otak lebih baik
Selain dapat meredakan peradangan dan mengurangi risiko kanker, kurkumin juga dapat mendukung fungsi otak. Ini sangat membantu dalam pencegahan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, temu kunci juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi risiko depresi.

4. Sifat antimikroba
Temu kunci memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi.

5. Mengobati gangguan pencernaan
Beberapa orang menggunakan temu kunci untuk meredakan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan perut kembung. Senyawa dalam temu kunci dapat membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan dan meredakan gejala yang terkait.

Selain manfaat di atas, temu kunci juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan seperti batuk, pilek, sakit kepala, dan nyeri sendi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar