Manfaat Labu Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat labu. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Labu kuning, biasanya digunakan untuk perayaan thanksgiving atau helloween. Labu kuning banyak digemari karena dapat diolah menjadi beragam hidangan, seperti puding, kue, sup, hingga jus.

Meskipun labu sering ditemukan dalam suguhan manis dan makanan penutup, sebenarnya labu itu sendiri tidak super manis, namun hal inilah yang membuatnya menjadi bahan gurih yang sempurna. Mengutip dari Cleveland Clinic, yang dilansir dari beberapa sumber pada Rabu (5/4/2023), berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang diketahui dari mengonsumsi labu:

1. Sehat untuk jantung Anda
“Labu tinggi potasium, yang merupakan bahan utama untuk kesehatan jantung,” kata Zumpano. Secangkir labu mengandung 16% dari jumlah potasium harian yang direkomendasikan . Dan juga mengandung vitamin C, serat, dan antioksidan yang menyehatkan jantung , yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

2. Mengandung karotenoid pelawan kanker
Karotenoid adalah pigmen tanaman yang dihasilkan oleh tanaman berwarna kuning, oranye, dan merah seperti labu, wortel, labu, dan tomat,” jelas Zumpano. Karotenoid memerangi efek radikal bebas dalam tubuh Anda, yang dapat membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Satu porsi labu menyediakan 19% dari tunjangan vitamin C harian yang direkomendasikan, penguat kekebalan yang membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas (molekul tidak stabil yang dapat mengikat sel Anda). Labu juga sangat cocok dengan antioksidan penguat kekebalan lainnya, termasuk vitamin A, vitamin E, dan zat besi.

4. Bagus untuk mata Anda
“Labu kaya akan vitamin A, yang sangat bagus untuk penglihatan Anda dan memperkuat sistem kekebalan Anda,” kata Zumpano. Hanya satu porsi (sekitar satu cangkir) labu dapat memberikan lebih dari 200% asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

5. Bijinya menyehatkan
Jangan membuang biji labu itu! Setelah Anda memisahkannya biji labu, Anda dapat membersihkan, membumbui, dan memanggangnya untuk mendapatkan camilan yang bergizi. Manfaat kesehatan dari biji labu antara lain mengurangi risiko kanker, meningkatkan kesehatan usus dan prostat, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

“Mereka membuat camilan lezat berprotein yang enak dibawa,” kata Zumpano. Tambahkan ke salad, oatmeal, granola buatan sendiri, atau di atas yogurt untuk sedikit kerenyahan. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar