Manfaat Kulit Psyllium untuk Kesehatan Agar Terhindar dari Sembelit

Manfaat kulit psyllium untuk kesehatan.(Foto: enesis)

Sukoharjonews.com – Sekam psyllium, yang juga dikenal sebagai Isabgol, populer karena kemampuannya sebagai pencahar dan dikenal sebagai obat umum untuk sembelit. Namun, suplemen serat ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan selain sembelit. Sekam psyllium mengandung serat larut, yang sangat baik untuk pencernaan serta kesehatan jantung. Sekam ini dapat digunakan untuk mengelola kadar kolesterol dan tekanan darah, serta manajemen diabetes. Sekam ini tersedia dalam bentuk bubuk, kapsul, dan paket yang dijual bebas. Namun, konsumsi berlebihan dapat menjadi kontraproduktif dan dapat menyebabkan kemungkinan efek samping seperti alergi serta masalah gastrointestinal.


Dikutip dari Healthshots, pada Kamis (17/10/2024), berikut manfaat kulit psyllium untuk kesehatan:

1. Meredakan Sembelit
Sekam psyllium bertindak sebagai pencahar alami dengan menyerap air dan membentuk gel, yang membantu memperlancar buang air besar. Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences , menyatakan bahwa sekam psyllium membantu menahan air dalam usus, dan ini membantu memperlancar buang air besar.

2. Kontrol Gula Darah
Konsumsi suplemen serat dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk manajemen diabetes. Lihatlah rencana makan untuk diabetes yang dapat Anda lakukan dengan sekam psyllium untuk hasil terbaik.


3. Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS)
Obat ini juga dapat meringankan gejala yang terkait dengan IBS. Obat ini membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, demikian dinyatakan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Turkish Journal of Gastroenterology . Pasien IBS yang berpartisipasi dalam penelitian ini melaporkan 90 persen kelegaan dari gejala mereka.

4. Manajemen Berat Badan
Hal ini meningkatkan rasa kenyang, yang berpotensi membantu upaya penurunan berat badan. Sebuah studi yang dipublikasikan di Nutrition Today mengamati bahwa studi selama dua bulan yang dilakukan terhadap 40 pasien kelebihan berat badan dengan diabetes tipe 2, menunjukkan bahwa psyllium secara signifikan mengurangi berat badan hingga 3,7 kg dibandingkan dengan plasebo.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *