Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa Dari Ber (Jujube)

Manfaat jujube. (Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Buah jujube mengandung saponin dan alkaloid yang berhubungan langsung dengan detoksifikasi darah. Ini menghilangkan racun berbahaya dari darah, mengencangkannya, dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah.

Dilansir dari the statesman, Selasa (30/1/2024),Semangka jadi salah satu buah favorit yang bisa dikonsumsi di musim panas. Buah ini makin terasa enak ketika dimakan dalam keadaan dingin, rasa manis buah yang kaya air bisa menghilangkan dahaga di siang hari. Jujube atau ber, jika Anda ingat, adalah buah manis dan asam yang sering dipersembahkan saat festival Maha Shivratri. Buah ajaib ini penuh dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Anda dapat menikmati pilihan camilan sehat ini untuk memuaskan hasrat manis Anda.

Kedatangan buah ini juga menandai dimulainya musim semi di India. Jujube dibudidayakan secara luas di Asia Selatan. Terlebih lagi, penampakan jujube agak mirip dengan kurma palem, oleh karena itu sering dikenal sebagai kurma merah, kurma Cina, kurma Korea, kurma India di seluruh dunia.

Ber tersedia dalam berbagai warna, berkering sebagian besar berwarna merah tua atau hitam keunguan sedangkan ber mentah berwarna hijau. Jujube adalah buah berukuran saku, yang memiliki beberapa manfaat kesehatan luar biasa. Dari mendorong tidur hingga memastikan usus sehat, jujube kecil ini adalah nutrisi yang sempurna.

Buah kecil ini kaya akan mineral seperti potasium, fosfor, mangan, besi, dan seng. Kombinasi mineral ini diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Zat besi membantu meningkatkan jumlah hemoglobin yang pada gilirannya mencegah anemia. Mineral ini penting dalam mengatur aliran darah dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat luar biasa buah jujube yang akan membuat Anda semakin menyukai buah tersebut.

Membantu Penurunan Berat Badan
Buah jujube merupakan sumber yang kaya protein dan serat serta memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Bila dikonsumsi berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi dan memberikan rasa kenyang. Hal ini juga membantu dalam menurunkan kadar glukosa yang mencegah penambahan berat badan, terutama lemak perut.

Meningkatkan Kesehatan Mental dan fungsi Otak
Buah jujube memiliki efek pelindung saraf dan juga meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Ini memberikan efek anxiolytic dan menenangkan pada tubuh sehingga mengurangi kecemasan dan insomnia. Mengobati berbagai penyakit degeneratif neurologis dan meningkatkan kualitas hidup. Studi juga menunjukkan bahwa ia memiliki tindakan antidepresan dan memiliki efek positif pada neurotransmiter dan hormon stres. Buah jujube mengandung flavonoid kaempferol 3- O -rutinoside yang merupakan pilihan potensial untuk melindungi sel saraf dari stres oksidatif.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah
Buah jujube merupakan terapi yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah normal. Ini membantu aliran darah ke otak dengan meningkatkan kadar oksida nitrat dan dengan demikian, mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, buah Jujube mengandung potasium dalam jumlah tinggi dan kandungan natrium yang rendah. Ini membantu dalam vasodilatasi dan menjaga tekanan darah optimal.

Agen Anti-inflamasi dan Anti-mikroba
Buah jujube mengandung asam betulinic yang terbukti memiliki aktivitas antiinflamasi dan sifat antibakteri. Ini menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang bertanggung jawab atas banyak infeksi bakteri.

Anti-oksidan yang kuat
Buah jujube sangat kaya vitamin C dan mengandung unsur kimia yang disebut asam betulinic yang membantu meningkatkan kadar glutathione, sehingga melindungi dari stres oksidatif.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Buah jujube memiliki banyak kandungan serat yang membantu mencegah sembelit kronis. Serat makanan berfungsi sebagai pencahar yang baik sehingga memudahkan buang air besar.

Ini adalah terapi yang terbukti untuk penyakit radang usus (IBD) yang bekerja dengan meningkatkan fungsi penghalang usus dan aktivasi enzim AMPK. Ini juga mengandung pektin yang menunjukkan sifat anti diare.

Meredakan Batuk
Buah jujube mengandung enzim khusus yang disebut bromelain yang terbukti mengurangi penumpukan dahak dan lendir. Dengan demikian, ini membantu membersihkan jalur pernapasan dan rongga sinus.

Anti alergi
Buah jujube kaya akan sifat anti-histamin. Ini membantu menstabilkan sel mast yang memodulasi sifat kekebalan tubuh dan mencegah reaksi alergi. Studi juga menunjukkan bahwa ia mempunyai peran potensial dalam mengobati anafilaksis rinitis alergi.

Mencegah dan Mengobati Osteoporosis
Jujube mengandung berbagai macam mineral, seperti mangan, tembaga, kalium, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang. Ini memberikan kekuatan pada tulang terutama pada orang tua dengan osteoporosis.

Mencegah Kanker
Buah jujube adalah strategi yang sangat baik untuk pengobatan kanker. Daging buah kering Z. jujuba merupakan sumber asam lemak tak jenuh esensial termasuk asam oleat, linoleat, palmitat, dan palmitoleat. Studi menunjukkan bahwa buah ini mengandung beragam asam triterpenat yaitu ceanothus, alphitolicapostolic, zizyberanal, zizyberanalic, epicanthic, pantothenic, betulinic acid, oleanolic (OA), ursolic, dan asam zizyberenalic. Senyawa ini memiliki efek sitotoksik dan juga memodulasi proses apoptosis yang bermanfaat dalam pengobatan kanker.

Mendetoksifikasi Darah
Buah jujube mengandung saponin dan alkaloid yang berhubungan langsung dengan detoksifikasi darah. Ini menghilangkan racun berbahaya dari darah, mengencangkannya, dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah.

Agen Anti Penuaan
Buah jujube adalah agen anti penuaan yang sangat baik. Karena buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, ini membantu mencegah kerutan, pengendapan melanin, dan pigmentasi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar