Manfaat Kesehatan yang Kuat dari Buah Persik

Manfaat buah persik.(Foto: lottemart)

Sukoharjonews.com – Persik termasuk dalam kategori buah batu karena dagingnya yang berwarna putih atau kuning terbungkus dalam cangkang dengan biji di dalamnya. Buah persik dapat dinikmati dengan berbagai cara – mentah, dipanggang, atau bahkan dalam bentuk jus. Anda harus memasukkannya ke dalam makanan Anda bukan hanya karena rasanya yang manis, tetapi juga karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Mereka rendah kalori dan lemak, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Buah bergizi ini juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan usus Anda. Mereka bahkan dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu.


Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (1/5/2024), inilah manfaat dari buah persik:

1. Kesehatan pencernaan
Sekitar 100 gram buah persik mentah mengandung 1,5 gram serat, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat . Kandungan serat ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Ini mengatasi masalah seperti diare, dan sembelit, karena memastikan pencernaan dan buang air besar lebih lancar.

2. Bantuan penurunan berat badan
Sifat buah persik yang rendah kalori dan rendah lemak, ditambah dengan kandungan seratnya , menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Kemampuannya untuk meningkatkan perasaan kenyang dan membantu pencernaan melalui serat penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.


3. Dukungan kesehatan mata
Kaya akan vitamin A dan beta-karoten, buah persik baik untuk mata, kata sang ahli. Kehadirannya membantu menjaga penglihatan tetap baik dan secara signifikan mengurangi risiko katarak, yaitu kekeruhan pada lensa mata.

4. Perlindungan kulit
Persik menawarkan perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang berbahaya, berkat antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten . Perlindungan ini tidak hanya menjaga kulit, namun juga menyempurnakan penampilannya, memberikan kilau yang lebih sehat.

5. Sifat anti inflamasi
Persik mengandung polifenol dan antioksidan anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Dengan menghambat pelepasan histamin dan sitokin inflamasi, mereka meredakan kondisi peradangan.


6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah persik memberikan dorongan bagi sistem pertahanan tubuh. Mereka memperkuat sistem kekebalan tubuh, menangkal penyakit seperti flu biasa dan meningkatkan fungsi imunologi secara keseluruhan.

Apa efek samping buah persik?
Persik mengandung karbohidrat. Jadi jika Anda penderita diabetes, jangan jadikan makan buah ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Sedangkan buah persik lainnya umumnya aman dikonsumsi, namun beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi, terutama jika mereka sensitif terhadap buah tersebut.

Gejala alergi buah persik bisa meliputi:

● Gatal atau bengkak di mulut, tenggorokan, atau bibir
● Ketidaknyamanan pencernaan
Mengonsumsi buah persik baik untuk kulit, mata, kesehatan usus, dan banyak lagi. Namun pastikan mengonsumsinya dalam jumlah sedang, terutama jika Anda menderita diabetes.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *