Manfaat Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui Dalam Daun Kelor

Manfaat daun kelor.(Foto:Healthline)

Sukoharjonews.com – Pohon kelor juga dikenal sebagai ‘pohon ajaib’ dan ada alasan bagus mengapa. Daun, buah, getah, minyak, akar, kulit kayu, biji, polong dan bunga pohonnya mempunyai khasiat obat. Produk dari pohonnya mempunyai banyak kegunaan. Ia juga dikenal sebagai ‘pohon stik drum’. Kebanyakan ditemukan di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.


Dilansir dari Pharm Easy, Sabtu (4/5/2024),daun kelor yang biasa dikenal dengan daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, meninggalkan wortel, jeruk bahkan susu dalam hal nilai gizinya. Daunnya banyak digunakan dalam masakan India karena serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Menambahkannya ke dalam jus dan menggunakannya sebagai sayuran tumis adalah cara paling umum untuk memakannya. Bila dikonsumsi dalam bentuk alami, daun kelor tidak memiliki efek samping.

1. Kaya Vitamin dan Mineral
Daun kelor kaya akan vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6 ​​dan Folat. Mereka juga kaya akan magnesium, zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Satu cangkir daun kelor mengandung 2 gram protein, magnesium (8 persen dari RDA), Vitamin B6 (19 persen dari RDA), Zat Besi (11 persen dari RDA), Riboflavin (11 persen dari RDA). RDA) dan Vitamin A (9 persen dari RDA).


2. Kaya Asam Amino
Daun kelor kaya akan asam amino, bahan pembangun protein. Ada 18 jenis asam amino yang ditemukan di dalamnya dan masing-masing memberikan kontribusi penting bagi kesejahteraan kita.

3. Melawan Peradangan
Peradangan adalah cara tubuh merespons rasa sakit dan cedera secara alami. Daun kelor bersifat anti inflamasi karena adanya isothiocyanates. Mereka memiliki niazimicin yang diketahui berperan dalam perkembangan sel kanker. Peradangan adalah akar penyebab banyak penyakit seperti kanker, arthritis, rheumatoid arthritis, dan banyak penyakit autoimun. Saat kita mengalami cedera atau infeksi, tubuh mengalami peningkatan peradangan.


4. Kaya Antioksidan
Daun kelor memiliki sifat anti-oksidatif dan melindungi terhadap efek merusak dari radikal bebas yang ada di lingkungan. Kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas bertanggung jawab atas banyak penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, masalah jantung, dan Alzheimer.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah
Kadar gula darah tinggi yang berkelanjutan menyebabkan perkembangan diabetes pada individu. Diabetes pada gilirannya dapat menyebabkan gangguan jantung dan kerusakan organ dalam tubuh. Untuk menghindarinya, ada baiknya menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Daun kelor adalah sumber yang sempurna untuk menstabilkan kadar gula darah karena adanya isothiocyanates.


6. Menurunkan Kolesterol
Selain oat, biji rami, dan almond, daun kelor adalah obat yang dapat diandalkan untuk melawan kolesterol tinggi. Kolesterol adalah alasan utama mengapa orang menderita penyakit jantung dan mengonsumsi daun kelor diketahui menunjukkan perbaikan yang signifikan terhadap kadar kolesterol tinggi. Moringa oleifera dapat menurunkan kadar tersebut dan melindungi terhadap risiko penyakit jantung. Wanita hamil biasanya mengalami kadar kolesterol yang lebih tinggi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional selama masa kehamilannya. Apa itu diabetes gestasional? Ini adalah jenis diabetes yang pertama kali terdeteksi pada wanita hamil yang tidak menderita diabetes sebelum hamil. Daun kelor tentunya bisa dimasukkan dalam menu makanan untuk diabetes gestasional .

7. Melindungi Hati
Mereka yang menderita tuberkulosis bisa mendapatkan manfaat besar dari daun kelor karena mengurangi efek negatif obat anti tuberkulosis. Daunnya mempercepat perbaikan sel-sel hati. Daunnya memiliki konsentrasi polifenol tinggi yang melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada hati dan bahkan dapat menguranginya. Mereka meningkatkan kadar protein di hati.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *