Manfaat Ginseng untuk Kecantikan

Manfaat ginseng untuk kecantikan kulit.(Foto: katadata)

Sukoharjonews.com – Ginseng merupakan tanaman herbal yang telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional di Asia Timur selama berabad-abad. Akar tanaman ginseng merupakan bagian yang paling berharga dan sering digunakan sebagai suplemen herbal atau dalam berbagai pengobatan tradisional. Ada dua jenis utama ginseng yang digunakan secara global: Ginseng Asia (Panax ginseng) yang merupakan jenis ginseng yang paling umum digunakan dan berasal dari Asia Timur, dan Ginseng Amerika (Panax quinquefolius) yang berasal dari Amerika Utara dan sering digunakan sebagai pengganti ginseng Asia.


Dikutip dari Healthsots, pada Sabtu (7/9/2024), berikut manfaat gingseng untuk kulit kecantikan:

1. Mengandung antioksidan
Ginseng kaya akan antioksidan seperti ginsenosida dan flavonoid, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Science . Zat kimia ini berfungsi sebagai antioksidan alami, melindungi Anda dari stres oksidatif yang dihasilkan oleh radikal bebas yang merusak. Radikal bebas ini dapat merusak sel, menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan gejala degenerasi kulit lainnya. Ginseng melindungi kulit dari polutan lingkungan, radiasi UV, dan stres dengan menetralkan radikal bebas. Tindakan antioksidan ini membantu menjaga penampilan awet muda dan vitalitas kulit.

2. Memingkatkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang sehat sangat penting untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, sehingga kulit tampak berseri dan bercahaya. Ginseng terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine , sehingga meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang meningkat dapat membantu menutrisi sel-sel kulit, mengurangi kulit kusam, dan membuat kulit tampak berseri. Jadi, jika Anda mencari cara untuk memperbaiki atau mengurangi tanda-tanda penuaan , memasukkan ginseng ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda dapat membantu.


3. Kaya akan sifat anti imflasi
Peradangan berperan penting dalam penuaan dan kerusakan kulit. Ginseng memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi, mengurangi kemerahan, dan mencegah kerusakan kolagen. Dengan mengurangi peradangan, ginseng dapat membantu menenangkan kulit, memperbaiki teksturnya, dan meningkatkan penampilan yang lebih muda dan sehat. Jadi, jika Anda menderita kulit yang teriritasi dan ingin mengurangi kemerahan, memasukkan ginseng dalam perawatan kecantikan Anda dapat membantu Anda mendapatkan kelegaan instan.

4. Meningkatkan produksi kolagen
Kolagen adalah molekul protein yang terdiri dari asam amino, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di StatPearls . Kolagen adalah protein penting yang membantu menjaga elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen secara alami menurun, sehingga tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Ginseng terbukti dapat meningkatkan sintesis kolagen , yang membantu mencegah hilangnya kolagen akibat usia, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Ginseng Research . Kolagen juga meningkatkan pembentukan kolagen, yang membuat kulit Anda lebih kencang, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, serta mengembalikan warna kulit yang lebih muda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *