Manfaat Diet Vegan untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

Manfaat diet vegan. (Foto : Pixels)

Sukoharjonews.com – Kini ada begitu banyak jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun, mengurangi asupan makanan tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthlin, Selasa (11/7/2023), buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, kamu bisa mencoba diet vegan. Diet ini juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta memberikan perlindungan terhadap penyakit diabetes tipe 2 dan kanker.

Tak hanya itu, diet vegan juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh . Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Lebih Kaya Nutrisi
Diet vegan merupakan pola makan dengan hanya mengonsumsi produk nabati dan menghindari semua daging dan produk hewani. Sebagai gantinya, penganut diet vegan akan mengonsumsi makanan lain seperti kacang, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menurut penelitian, diet vegan menyediakan lebih banyak serat, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Mulai dari zat besi, magnesium, folat, hingga vitamin A, C, dan E.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Penganut diet vegan cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih tinggi. Tak hanya itu, mereka juga memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2.

Diet vegan juga bisa memberikan manfaat untuk pasien diabetes tipe 2 dan penurunan fungsi ginjal. Meningkatkan asupan makanan nabati yang sehat dan mengurangi asupan makanan berbasis daging dan susu terbukti bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Berat Badan
Penganut diet vegan cenderung lebih kurus dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan nonvegan. Selain itu, beberapa studi menyebut diet vegan lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini lantaran penganut diet vegan mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat sehingga kehilangan lebih banyak berat badan.

4. Menurunkan Risiko Kanker
Menurut WHO, sepertiga jenis kanker bisa dicegah dengan mengendalikan pola makan. Penganut diet vegan mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran dibandingkan nonvegan. Menurut studi tahun 2017, penganut diet vegan memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker.

Konsumsi legum secara teratur bisa mengurangi risiko kanker kolorektal sebesar 9–18%. Menurut National Cancer Institute, konsumsi makanan nabati dalam jumlah besar bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, prostat, pankreas, dan payudara.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Mengonsumsi kacang, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut studi, penganut diet vegan memiliki risiko 75% lebih rendah terkena tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian juga menyebut diet vegan jauh lebih efektif dalam mengurangi gula darah, kolesterol LDL (jahat), dan kadar kolesterol total. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 46%.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar