Manfaat Diet Rendah Purin untuk Penyakit Asam Urat

Makanan diet yang rendah purin. (Foto:Merdeka)

Sukoharjonews.com -Diet rendah purin bertujuan untuk membatasi asupan makanan tinggi purin. Dengan membatasi purin, kadar asam urat dalam darah dapat diturunkan sehingga meredakan gejala asam urat dan mencegah serangannya.


Dilansir dari HaiBunda, Minggu (14/7/2024), diet rendah purin membantu meminimalkan jumlah purin dalam tubuh dan menurunkan kadar asam urat dalam darah.

1. Mengurangi asam urat
Orang yang rentan terhadap hiperurisemia mungkin dapat mengelola kondisinya dengan pola makan untuk mencegah berkembangnya komplikasi, seperti asam urat dan batu ginjal. Orang yang telah didiagnosis menderita asam urat atau batu ginjal dapat mencegah pembentukan kristal asam urat baru di persendian atau ginjalnya atau setidaknya memperlambat prosesnya.

2. Mengurangi berat badan
Menghindari makanan tinggi purin, seperti daging merah dan makanan manis dapat membantu Bunda mengurangi berat badan. Meski ini menjadi manfaat sekunder.

Asam urat sangat terkait dengan penambahan berat badan berlebih dan sindrom metabolik terkait obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Penurunan berat badan secara statistik menurunkan risiko terkena asam urat dan membantu meringankan gejala asam urat dengan menghilangkan stres pada persendian Bunda.


3. Mengurangi pengobatan
Diet tidak seefektif pengobatan asam urat. Tidak seharusnya menggantikan pengobatan hanya dengan diet. Namun memperhatikan pola makan Bunda dapat membantu meminimalkan kebutuhan akan obat-obatan.

4. Mengurangi risiko terjadinya hiperusemia
Diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya hiperurisemia dan kondisi terkaitnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *