Manfaat Clover Honey Bgi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat clover honey. (Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Clover honey merupakan salah satu jenis madu yang sedang popular karena memiliki rasa manis dan wangi serta bermanfaat bagi kesehatan. Clover honey mengandung sejumlah nutrisi bagi tubuh, yaitu 60 kalori dan 17 gram karbohidrat serta magnesium, zat besi, kalium, dan zinc.


Ada sejumlah perbedaan antara clover honey dengan madu lainnya, baik dari keunggulan manfaat, kandungan nutrisi, rasa, hingga warna madu itu sendiri. Akan tetapi, perbedaan yang paling mencolok adalah warna clover honey yang cenderung lebih cerah. Rasa clover honey juga lebih ringan dibandingkan dengan jenis madu lain, seperti madu manuka dan madu soba (Buckwheat Honey).

Sejumlah manfaat clover honey bagi kesehatan antara lain mengurangi risiko radikal bebas dan membantu mengobati luka. Selain itu, clover honey juga dapat menjaga kadar kolesterol sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah. Dikutip dari Honestdocs, pada Selasa (8/8/2023), berikut manfaat clover honey untuk kesehatan:

1. Bertindak sebagai antivirus dan antibakteri
Hampir setiap jenis madu, termasuk clover honey memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Sebuah penelitian menyebut bahwa madu jenis clover honey memiliki sifat anti bakteri yang kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Begitupun dengan kandungan antivirus pada clover honey yang diperkirakan efektif bila dioleskan pada kulit yang terinfeksi virus cacar air (Varicella Zoster).


2. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Rasa manis yang berasal dari kandungan gula alami clover honey bisa dijadikan alternatif terutama bagi penderita diabetes. Meski demikian, clover honey tetap harus dikonsumsi dengan batasan dan aturan pakai yang tepat. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.

3. Menjaga tekanan darah
Manfaat clover honey juga dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Konsumsilah 1-2 sendok teh clover honey dalam asupan sehari-hari. Akan tetapi, harus dipahami bahwa clover honey bukan pengganti obat penurun tekanan darah.


4. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat clover honey lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi clover honey, secara tidak langsung kadar kolesterol dalam darah juga dapat terjaga sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah.

5. Mengurangi risiko radikal bebas
Clover honey dikenal memiliki kandungan antioksidan berupa asam fenolik dan flavanol anti-inflamasi yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko radikal bebas penyebab kerusakan sel dalam tubuh, termasuk memperbaiki kerusakan organ hati (liver) dan mencegah munculnya efek penuaan pada kulit.

6. Menjaga sistem imun tubuh
Selain menangkal radikal bebas, manfaat clover honey juga baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sifat antibakterinya diperkirakan mampu membantu menjaga sistem imun tubuh dalam melawan zat asing atau potensi infeksi, termasuk meredakan gejala flu dan batuk.


Sejumlah manfaat madu tersebut baru bisa didapatkan dari clover honey yang alami dan segar. Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi madu mentah tidak disarankan bagi orang yang memiliki masalah kekebalan tubuh atau penyakit autoimun. Selain itu, anak-anak di bawah usia 1 tahun juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena bisa menyebabkan penyakit berat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *