Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan

Mengatasi bau kaki.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Jika Anda, anak-anak Anda, atau siapa pun di rumah Anda memiliki bau , bau busuk tersebut dapat menyebabkan bau busuk di seluruh keluarga. Namun, mengapa beberapa kaki memiliki bau yang jauh lebih buruk dibandingkan kaki lainnya?

Dilansir dari Medicine net, Sabtu (22/6/2024), ternyata bau kaki tidak berasal dari kaki. Bau tersebut berasal dari bakteri yang hidup di kaki tersebut dan dari kaus kaki kotor serta sepatu yang menutupinya . Bakteri tersebut membuang limbah seperti halnya manusia. Dan sampahnya yang berbau busuk. Saat kaki banyak berkeringat, kaki bisa menjadi tuan rumah bagi beberapa bakteri yang sangat bau.

Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kaki Anda tetap bersih, kering, dan bebas bau. Berikut enam tips mengatasi kaki bau.

Jaga kebersihannya.
Gosok kaki Anda setiap hari. Cukup gunakan waslap, sabun, dan air. Pastikan untuk berada di sela-sela jari kaki dan keringkan kaki Anda dengan baik sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Jika sepatu Anda bisa dicuci, masukkan ke dalam mesin cuci.

Berendamlah.
Jika sabun dan air saja tidak cukup, coba rendam kaki Anda seminggu sekali hingga 20 menit. Para ahli merekomendasikan larutan air hangat dan cuka atau garam Epsom.

Tetap kering.
Bakteri yang bersarang di kaki dan sepatu Anda berkembang biak di tempat yang lembap. Jadi jika kaki Anda tetap kering, bakteri tidak akan betah berada di sana.

Gunakan disinfektan.
Semprotkan disinfektan rumah tangga pada sepatu dan sol dalam, lalu biarkan mengering. Mungkin juga membantu mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Cobalah minyak esensial.
Sebuah penelitian menemukan bahwa perbandingan 1:1 minyak juniper dan benzoin yang dioleskan pada kaki membantu menghilangkan bakteri penyebab bau. Minyak esensial lain dengan aktivitas antimikroba juga dapat membantu.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar