Manfaat Buah Naga untuk Tubuh

Manfaat buah naga untuk tubuh.(Foto: honest)

Sukoharjonews.com – Buah naga banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buah ini sering dikonsumsi langsung maupun dijadikan jus hingga puding. Tidak hanya enak, ternyata banyak manfaat buah naga merah juga banyak untuk kesehatan maupun kecantikan.

Dikutip dari Nutrive, pada Selasa (1/10/2024), berikut manfaat buah naga untuk tubuh:

1. Kaya Antioksidan
Manfaat dari buah naga yang selanjutnya yaitu buah naga kaya akan antioksidan. Hal tersebut bisa dilihat dari warna cerah yang terlihat dari buah naga, yang menandakan bahwa buah naga dipenuhi dengan fitonutrien, sebuah komponen organik dalam buah yang dapat memberikan antioksidan kuat pada tubuh untuk melawan kerusakan sel-sel yang mungkin terjadi di dalam tubuh dari waktu ke waktu.

Antioksidan juga memiliki peran yang sangat penting untuk memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh Anda hingga kemudian memicu penyakit kanker. Program diet yang memasukkan makanan kaya antioksidan pun dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit terlihat awet muda.

2. Rendah Kolesterol
Manfaat dari buah naga yang pertama yaitu buah naga sangat rendah dari segi kolesterol. Selain itu, buah ini juga rendah lemak jenuh dan lemak trans. Mengonsumsi buah naga secara teratur bisa memberikan efek menyegarkan kepada tubuh dan membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung untuk jangka waktu panjang.

Jika Anda sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan, akan sangat baik untuk memasukkan buah naga ke dalam daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melengkapi nutrisi setiap harinya. Tak hanya itu saja, biji yang ada di dalam buah ini mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

3. Kecantikan
Manfaat lain dari buah naga biasanya buah eksotis ini digunakan sebagai pengobatan alami untuk menjaga kecantikan kulit. Apalagi buah naga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin tinggi yang bisa membuat kulit tampak awet muda.

Negara-negara di Asia Tenggara percaya jika membuat pasta atau masker yang berasal dari daging buah naga untuk kemudian dioleskan secara teratur pada wajah, bisa membantu memperlambat proses penuaan dan membuat kulit terasa kencang serta awet muda. Pasta yang terbuat dari buah naga ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang membandel serta kulit yang terbakar.

4. Mengandung Serat Tinggi
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University Of Leeds, yang menunjukkan bahwa ketika tubuh mengonsumsi makanan kaya serat bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan serat yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah naga.

Buah naga dipercaya sebagai sumber makanan serat yang baik. Buah ini memiliki manfaat yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga untuk membantu menjaga tekanan darah dan berat badan agar tetap seimbang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Leeds, peningkatan konsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Buah naga adalah sumber serat makanan yang baik, oleh karena itu tidak hanya bagus untuk jantung, tetapi juga membantu menjaga tekanan darah dan berat badan.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar