Manfaat Bibimbap: Kelezatan Korea yang Kaya Nutrisi dan Disukai Semua Orang!

Manfaat makanan bibimpab.(Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Bibimbap merupakan salah satu lauk pauk populer asal Korea. Jika Anda mengikuti tren Korea, Anda pasti tahu bagaimana makanan Korea menjadi populer di seluruh dunia. Meskipun Anda selalu menyukai makanan Korea atau mencoba masakan ini, Anda perlu mencoba bibimbap – hidangan Korea yang disukai semua orang di seluruh dunia. Bibimbap adalah bagian dari masakan klasik Korea. Ini adalah makanan lezat dan sehat yang memuaskan selera Anda dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.


Bagi yang belum tahu, bibimbap adalah hidangan Korea yang secara harfiah berarti “nasi campur”. Hidangan ini dibuat dengan memadukan berbagai bahan yang kaya rasa dan gurih seperti telur, zucchini, tauge, wortel, dan protein seperti ayam yang diiris tipis, daging babi pedas yang diasinkan, atau tahu. Makanan yang menenangkan ini – bibimbap adalah makanan bergizi dan seimbang yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (10/5/2024), berikut beberapa manfaat bibimbap bagi kesehatan:

1. Tinggi protein
Bibimbap tinggi protein. Ini adalah sumber protein yang baik dan bahan-bahan yang digunakan untuk menyiapkannya seperti ayam, babi, dan telur, berkontribusi terhadapnya. Jika Anda seorang vegan, Anda bisa menambahkan tahu, kacang-kacangan, dan kedelai. Semua bahan ini merupakan sumber protein tinggi yang diperlukan untuk perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein juga membantu Anda merasa kenyang dan puas setelah makan, menurut sebuah penelitian tahun 2023 yang diterbitkan dalam Research Gate Journal.


2. Membantu penurunan berat badan
Bibimbap adalah pilihan rendah lemak yang meningkatkan berat badan sehat. Meski mengandung karbohidrat, penelitian yang dipublikasikan di Research Gate Journal menunjukkan bahwa orang memiliki reaksi glikemik yang lebih rendah terhadap hidangan tersebut dibandingkan masakan Barat dengan jumlah karbohidrat yang sama. Makanan dengan indeks glikemik rendah mengurangi lonjakan gula darah, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan, masalah jantung, dan penyakit kardiovaskular. Bibimbap adalah makanan yang menyehatkan jantung, mudah beradaptasi, dan memuaskan yang dapat dimakan orang tanpa rasa bersalah setiap hari.

3. Kaya akan antioksidan
Bibimbap mengandung berbagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari zat beracun yang disebut radikal bebas. Bahan-bahan kaya antioksidan dalam hidangan ini termasuk saus gochujang dan sayuran, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnic Food.

4. Kaya nutrisi
Wortel, yang kaya akan Vitamin A, merupakan bahan utama dalam resep ini dan membantu mendukung kesehatan tulang, mata, kulit, dan sistem pencernaan. Selain itu, telur biasanya ditambahkan ke dalam resep. Telur mengandung protein tinggi dan sumber vitamin B2, B12, dan E. Nori, atau rumput laut kering, adalah bahan umum lainnya dalam bibimbap. Ini kaya akan serat nutrisi, asam amino penting, dan vitamin A, B, C, dan E.


5. Sumber serat yang baik
Bibimbap merupakan makanan tinggi serat yang bermanfaat untuk menjaga kondisi saluran pencernaan tetap baik. Selain itu, serat menurunkan kolesterol dan membantu mengontrol kadar gula darah. Jadi, jika Anda mencari makanan enak namun kaya serat, mulailah memasukkan bibimbap ke dalam menu makanan Anda.

Apakah ada efek samping dari bibimbap?
Meskipun bibimbap secara umum aman dikonsumsi, individu yang memiliki alergi harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menjadikannya sebagai makanan pokok.

Apakah enak makan bibimbap setiap hari?
Anda bisa sering-sering makan bibimbap, tapi tidak ada gunanya jika dikonsumsi berlebihan. Namun, ini adalah makanan pokok di rumah tangga Korea karena mayoritas orang Korea makan nasi secara teratur. Namun satu hal yang perlu diingat saat menikmati bibimbap adalah bahan-bahannya bergizi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa sayuran ke dalam bibimbap agar lebih sehat dan bergizi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *