Manfaat Bawang untuk Kulit dan Rambut Anda

Manfaat bawang untuk kulit dan rambut.(Foto: sajian sedap)

Sukoharjonews.com – Selain berfungsi sebagai bahan utama dalam pakora dan masala ayam mentega, bawang bombay memainkan peran penting dalam menjaga kulit bersinar dan bercahaya serta rambut indah dan kuat. Selama beberapa tahun terakhir, industri perawatan kulit secara konsisten mempromosikan bawang bombay sebagai bahan yang ramah kulit dan rambut, memperkenalkan produk perawatan rambut dan perawatan kulit berbahan dasar bawang bombay secara teratur. Meskipun Anda mungkin bukan penggemar baunya yang kuat dan menyengat di rambut Anda atau menghargai betapa bawang bombay membuat Anda berlinang air mata.

Dikutip dari The Statesman, pada Jumat (12/1/2024), berikut adalah manfaat bawang untuk kulit dan rambut Anda:

1. Dapat Meringankan Peradangan Kulit
Radikal bebas bertindak sebagai penjahat, menyebabkan kerusakan besar pada sel-sel Anda. Namun bawang bombay mengandung antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda peradangan. Antioksidan quercetin, yang melimpah dalam bawang bombay, membantu penyembuhan sel dengan menetralisir radikal bebas.

2. Efektif Melawan Ketombe
Ingatkah saat nenek dan ibu kita mengoleskan jus bawang merah ke rambut kita, sambil menahan baunya yang khas? Nah, bawang bombay unggul dalam mengatasi ketombe dan meredakan gatal pada kulit kepala. Sifat antimikroba dan antibakteri berkontribusi signifikan terhadap hal ini, membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan mengatur aliran darah.

3. Solusi Potensial untuk Alopecia
Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, para ahli berpendapat bahwa bawang bombay bisa menjadi solusi yang tepat untuk alopecia. Pengolesan jus bawang merah secara langsung ke akar rambut dan kulit kepala dipercaya dapat melancarkan aliran darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan mempertahankan kelembapan. Paket jus bawang merah buatan sendiri, seperti yang dikombinasikan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, menawarkan pilihan perawatan rambut yang nyaman.

4. Efektif Mengobati Jerawat dan Anti Penuaan
Senyawa belerang yang ditemukan dalam bawang bombay menjanjikan dalam mengobati jerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, sifat antimikroba dan antibakteri membantu memerangi bakteri penyebab jerawat. Quercetin flavonoid yang ada di dalamnya memiliki sifat anti-penuaan, mengatasi garis-garis halus dan pigmentasi.

Kaya akan Vitamin C, bawang bombay telah mendapat tempat sebagai bahan pokok dapur yang penting dan bahan perawatan kulit yang berharga.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar