Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih.(Foto: jovee)

Sukoharjonews.com – Bawang putih telah menjadi bagian dapur selama berabad-abad. Ramuan ini memiliki khasiat kuratif dan obat karena sifat antibakteri dan antiseptiknya. Khasiat bawang putih yang bermanfaat karena adanya senyawa Allicin. Ini kaya akan mineral seperti fosfor, seng, kalium, dan magnesium. Vitamin C, K, Folat, niasin dan tiamin juga banyak ditemukan dalam bawang putih.


Dikutip dari Pharmeasy, pada Kamis (4/1/2023), inilah manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1. Mencegah Batuk dan Pilek
Bawang putih mentah berpotensi menangkal infeksi batuk dan pilek. Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dihaluskan saat perut kosong memiliki manfaat yang maksimal. Untuk anak-anak dan bayi, menggantungkan siung bawang putih pada benang di lehernya diharapkan dapat meredakan gejala hidung tersumbat.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Allicin, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih menghentikan oksidasi LDL (kolesterol jahat). Ini mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi kejadian penggumpalan darah dan dengan demikian membantu mencegah tromboemboli. Bawang putih juga menurunkan tekanan darah sehingga baik bagi penderita hipertensi.


3. Meningkatkan Fungsi Otak
Bawang putih meningkatkan kesehatan otak karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Ini efektif melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

4. Meningkatkan Pencernaan
Masalah pencernaan membaik dengan memasukkan bawang putih mentah ke dalam makanan. Ini bermanfaat bagi usus dan mengurangi peradangan. Makan bawang putih mentah membantu membersihkan cacingan. Hal baiknya adalah menghancurkan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik di usus.

5. Meningkatkan Imunitas
Bawang putih melindungi terhadap radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Seng dalam bawang putih meningkatkan kekebalan. Vitamin C membantu melawan infeksi. Ini sangat bermanfaat melawan infeksi mata dan telinga karena memiliki sifat antimikroba.


6. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Bawang putih membantu mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat. Luka dingin, psoriasis, ruam, dan lecet semuanya bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan jus bawang putih. Ini juga melindungi terhadap sinar UV dan karenanya mencegah penuaan.

7. Mencegah Kanker dan Tukak Lambung
Karena tingginya jumlah antioksidan, bawang putih melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru, prostat, kandung kemih, lambung, hati dan usus besar. Tindakan antibakteri bawang putih mencegah tukak lambung karena menghilangkan penularan dari usus.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *