Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat asam jawa.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com -Asam jawa sering diolah ke dalam berbagai jenis masakan atau untuk membuat jamu. Tidak banyak orang yang tahu bahwa asam jawa juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi asam jawa yang baik bagi tubuh. Memangnya, apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Dilansir dari honestdocs, Kamis (19/9/2024), Asam jawa atau tamarind adalah salah satu tanaman tropis yang habitat asalnya dari India. Pohon asam jawa ini menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai campuran bahan masakan dan racikan minuman di seluruh dunia.

Asam jawa sendiri memiliki buah polong yang berwarna cokelat dengan bunga berwarna kuning. Buah asam biasanya memiliki jumlah biji yang bervariasi, dari 2 hingga 5 biji yang ditutupi kulit.

1. Sebagai obat mata kering
Ekstrak biji asam jawa dipercaya bisa dimanfaatkan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Sejumlah peneliti meyakini asam jawa memiliki bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata, yaitu protein yang melapisi permukaan bola mata. Mucin pada mata berfungsi untuk melindungi dan membuat permukaan kornea mata tetap basah.

2. Mengobati sembelit atau susah BAB

Manfaat asam jawa juga dapat membantu mengatasi sembelit alias susah BAB. Pasalnya, asam jawa mengandung beragam zat yang memiliki khasiat sebagai pencahar (laksatif), juga melawan jamur dan bakteri tertentu.

3. Penurun tekanan darah
Khasiat asam jawa dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, buah masam ini juga mempunyai efek anti radang dan anti diabetes sehingga cocok bagi para penderita diabetes. Hal itu disebabkan karena asam jawa memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.

4. Mengoptimalkan kesehatan jantung
Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam jawa mengandung senyawa polifenol, salah satunya flavonoid. Hal ini membuat manfaat asam jawa sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar