Manfaat Asam Amino yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat asam amino.(Foto: kao)

Sukoharjonews.com – Asam amino adalah zat kimia kecil yang bergabung untuk menghasilkan protein. Tubuh menggunakan protein ini untuk membantu berbagai proses fisik, termasuk memecah partikel makanan, memperkuat otot, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Yang terpenting, asam amino membantu menjaga kesehatan kulit.


Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (3/9/2024), berikut manfaat asam amino untuk kesehatan kulit:

1. Meningkatkan produksi kolagen dan elastin
Asam amino, terutama glisin, prolin, dan lisin, sangat penting untuk sintesis kolagen dan elastin, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam asam amino. Protein ini memberikan struktur, elastisitas, dan kekencangan pada kulit. Penurunan produksi kolagen dan elastin merupakan penyebab utama penuaan. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino ini dapat membantu menjaga keremajaan kulit.

2. Menyembuhkan luka
Asam amino mendorong pertumbuhan dan perkembangbiakan sel kulit, membantu proses penyembuhan. Asam amino juga berkontribusi pada pembentukan jaringan baru, membantu menutup luka dan mengurangi jaringan parut.


3. Melembabkan kulit
Asam amino bertindak sebagai agen pelembap, menarik dan mempertahankan hidrasi di dalam lapisan terluar kulit. Hal ini penting, karena kekeringan kronis dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, iritasi kulit, dan penuaan dini, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology . Dengan meningkatkan penyerapan air, asam amino bersinergi dengan bahan pelembap lainnya, seperti asam hialuronat. Sebagai komponen utama dari Natural Moisturizing Factor (NMF), mereka membantu kulit mengunci kelembapan, menghasilkan kulit yang lebih halus dan sehat yang tidak mudah kering dan keriput.

4. Melindungi dari Sinar Matahari
Asam amino tertentu, seperti tirosin, memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya. Antioksidan menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit, demikian temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review.


5. Memiliki Efek Anti Imflasi
Beberapa asam amino, seperti arginin dan glutamin, memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, asam amino ini dapat membantu meredakan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat, yang sering dikaitkan dengan peradangan.

Apa efek samping asam amino untuk kulit?
Meskipun asam amino secara umum dianggap aman untuk kulit, beberapa orang mungkin mengalami efek samping. Efek samping ini biasanya ringan dan sementara, tetapi penting untuk mewaspadai efek-efek ini:

1. Dapat mengiritasi kulit Anda
Penggunaan asam amino secara topikal, terutama dalam konsentrasi tinggi, terkadang dapat menyebabkan iritasi kulit , kemerahan, atau gatal.


2. Reaksi alergi
Beberapa orang mungkin alergi terhadap asam amino tertentu. Jika Anda mengalami gejala seperti gatal-gatal, pembengkakan, atau kesulitan bernapas setelah menggunakan produk yang mengandung asam amino, hentikan penggunaan dan cari pertolongan medis.

3. Masalah pencernaan
Mengonsumsi asam amino dalam jumlah berlebihan melalui suplemen atau makanan yang difortifikasi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, muntah, atau diare. Asam amino sintetis menyebabkan jerawat terutama di punggung dan dada pada semua kelompok usia, asupan berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, gangguan pemeriksaan darah, juga suatu kondisi yang disebut hiperproteinemia.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan asam amino dalam rutinitas harian Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *