Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa. (Foto: siloam)

Sukoharjonews.com – Air kelapa, juga dikenal sebagai sari kelapa, adalah cairan bening atau semi bening di dalam kelapa muda. Air kelapa sering disamakan dengan santan , padahal keduanya tidak sama. Santan adalah santan berwarna putih kental yang dibuat dengan cara memarut daging bagian dalam kelapa, mencampurkannya dengan air panas, lalu disaring. Air kelapa sudah berbentuk cair di dalam kelapa muda.

Dilansir dari WebMD, Senin (15/3/2024), dalam beberapa tahun terakhir, banyak atlet yang beralih ke air kelapa sebagai alternatif minuman olahraga manis, seperti Gatorade. Ini juga semakin populer sebagai minuman elektrolit bagi orang-orang yang menderita sakit perut atau kasus dehidrasi parah.

Keuntungan sehat
Sebagian besar manfaat kesehatan dari air kelapa disebabkan oleh tingginya kadar elektrolit , termasuk potasium, kalsium, dan magnesium. Bagi mereka yang rendah mineral penting tersebut, air kelapa bisa menjadi pilihan yang sehat. Bagi sebagian lainnya, meminum air kelapa sepertinya tidak lebih bermanfaat dibandingkan meminum segelas air biasa.

Menjaga Fungsi Otot
Kalium merupakan mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh manusia untuk fungsi otot. Salah satu merek air kelapa yang dianalisis oleh USDA mengandung 401 miligram potasium dalam porsi delapan ons. Meskipun merek lain mungkin berbeda dalam hal kadar potasiumnya, air kelapa secara konsisten merupakan sumber nutrisi berharga ini. Kadar kalium dalam air kelapa antara lain ditentukan oleh umur kelapa saat air kelapa tersebut diekstraksi.

Membantu Kesehatan Tulang
Terdapat sekitar 19,2 miligram kalsium dalam satu cangkir air kelapa, menurut sampel yang dianalisis oleh USDA. Banyak orang tidak mengonsumsi jumlah kalsium yang dibutuhkan, dan kadar kalsium yang tidak mencukupi dapat menyebabkan masalah seperti kepadatan tulang yang rendah , pengeroposan tulang, dan tulang yang lebih lemah sehingga lebih mudah patah.

Mengatur Fungsi Tubuh
Satu sampel yang dianalisis oleh USDA mengandung 6 miligram magnesium dalam 100 mililiter air kelapa. Magnesium memiliki banyak fungsi dalam tubuh, antara lain membuat protein, mengatur kadar gula darah dan tekanan darah, serta mengatur fungsi otot dan saraf.

Kegagalan mendapatkan cukup magnesium dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kekurangan magnesium. Ketika tubuh kekurangan magnesium, gejala seperti mual, lemas, dan kelelahan dapat terjadi. Kelebihan magnesium dikeluarkan melalui urin, jadi terlalu banyak magnesium tidak menjadi masalah. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar