Manfaat Air Beras untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit

Manfaat air beras untuk kecantikan dan perawatan kulit. (Foto : Alodokter)

Sukoharjonews.com – Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa air beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat air beras telah menjadi rahasia kecantikan turun-temurun.

Baik untuk kulit maupun rambut. Selain murah dan mudah didapatkan, kamu dapat memanfaatkan air beras untuk perawatan kulit. Kamu dapat menggunakan air beras dengan cara merendam dan merebusnya.

Dilansir dari Stylecraze, Selasa (14/3/2023), untuk melakukan perendaman air beras, rendamlah air beras dalam air selama 30 menit. Kemudian saring untuk mendapatkan sarinya atau tampung air cucian beras dan diamkan beberapa saat hingga sarinya mengendap, lalu saring.

1. Anti- aging
Tahukah kamu, jika air beras ternyata memiliki manfaat sebagai solusi anti penuaan? Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa air beras mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Karena itu, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

2. Mencerahkan Kulit
Meskipun manfaat air beras untuk mencerahkan belum terbukti secara ilmiah, namun orang Korea dan Jepang menggunakan air beras untuk meminimalkan noda dan mencerahkan kulit.

Air beras diduga mengandung beberapa enzim yang memiliki efek mencerahkan kulit. Karena itulah sebabnya sering digunakan sebagai bahan aktif dalam sabun dan krim.

3. Melindungi Skin Barrier
Ketika skin barrier terganggu, maka kulit akan menjadi kering dan rentan terhadap kondisi kulit seperti dermatitis atopik. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa pati beras dapat membantu memperbaiki skin barrier.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi orang yang menderita dermatitis atopik. Selain itu, air beras juga bermanfaat untuk mengatasi eksim, ruam, dan peradangan.

4. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Air beras merupakan tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari efek sinar UV. Selain itu, air beras juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar akibat sinar matahari.

Kamu dapat mengoleskan air beras ke kulit yang rusak akibat sinar matahari. Hal tersebut dapat membantu kulit lebih cepat pulih.

5. Melindungi dari Kanker Kulit
Nyatanya, air beras tidak hanya meningkatkan pertumbuhan dan regenerasi sel, menjaga kulit tetap kenyal dan halus, namun juga memiliki antioksidan yang dapat mencegah berbagai kanker kulit dan juga bertindak sebagai agen anti penuaan.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar