Makanan Yang Meredakan Saat Infeksi Sinus Meradang

Makanan untuk penderita sinus. (Foto:parapuan)

Sukoharjonews.com – Sakit kepala terus-menerus, mual, dan tekanan sinus, setiap orang yang menderita infeksi sinus tahu betapa tidak menyenangkannya hal itu. Meskipun bisa terjadi kapan saja, infeksi sinus cukup umum terjadi di musim dingin ketika angin dingin menerpa wajah. Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa pola makan juga berperan penting dalam meredakan nyeri sinus Anda. Meskipun beberapa makanan seperti makanan olahan dan berlemak dapat memicu nyeri sinus, makanan lain dapat membantu meringankannya.

Dikutip dari NDTV Food, pada Minggu (28/1/2024) berikut makanan yang dipercaya dapat meredakan sinus:

1. Minuman Panas
Salah satu solusi terbaik untuk infeksi sinus Anda adalah dengan mengonsumsi cairan/minuman panas seperti sup atau teh. Cairan hangat atau panas dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan infeksi saluran pernapasan karena menenangkan saluran hidung dan mengencerkan lendir. Berdasarkan penelitian laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2000, mengonsumsi sup ayam dapat membantu meningkatkan aktivitas anti-inflamasi melawan infeksi. Terlebih lagi, Anda bahkan bisa menambahkan bahan tambahan seperti jahe atau kunyit untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Buah Jeruk
Infeksi sinus bisa kambuh ketika ada penumpukan cairan di kantong berisi udara di wajah. Pada titik ini, penting untuk meningkatkan kekebalan Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, buah-buahan yang mengandung vitamin C dan asam sitrat, seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan kiwi adalah yang terbaik untuk infeksi sinus dan hidung tersumbat karena kaya akan antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, hidung tersumbat, dan peradangan dengan mencegah kerusakan selaput lendir.

3. Bawang Putih dan Jahe
Mengonsumsi jahe dan bawang putih, serta makanan yang mengandung jahe dapat membantu meringankan infeksi dan nyeri sinus Anda. Jahe kaya akan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit. Ini juga mengandung antihistamin yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan, alergi, dan peradangan sinus. Bawang putih kaya akan senyawa Sulfur yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri, dikenal mampu melawan virus dan mengurangi peradangan.

4. Madu
Manis dan lezat secara alami, madu kaya akan sifat antibakteri. Tetesan postnasal dapat menyebabkan peradangan dan sakit tenggorokan, tetapi madu dapat membantu meredakan nyeri akibat infeksi. Orang yang menderita sinusitis kronis mengalami peradangan pada selaput lendirnya, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, sakit kepala, dan kesulitan bernapas. Meminum air panas dengan madu dapat membantu membunuh bakteri dan meredakan nyeri sinus. Selain itu, ini juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan dan ramah anak.

5. Air
Meskipun Anda tinggal sendirian atau tidak punya tenaga untuk menyiapkan makanan panas untuk diri sendiri, ada satu hal yang dapat membantu Anda meredakan nyeri sinus – air. Saat Anda menderita infeksi sinus, tubuh Anda membutuhkan hidrasi untuk mengencerkan penumpukan lendir agar mudah keluar. Meminum air hangat atau hanya bersuhu ruangan tidak hanya akan menghilangkan dahaga Anda tetapi juga membantu meringankan infeksi sinus Anda. Minum banyak air juga dapat membantu mencegah tenggorokan kering.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar