Makanan yang Mengurangi Nyeri Haid: Panduan untuk Meredakannya Secara Alami

Makanan dapat bantu meredakan nyeri hadi.(Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Di zaman sekarang, nyeri haid atau kram menstruasi (dismenore dalam istilah medis) merupakan masalah yang sangat umum. Kondisi ini ditandai dengan nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah yang berkisar dari ringan hingga berat dan dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari secara signifikan. Meskipun penyebab kondisi medis ini cukup banyak, kondisi ini paling sering diatasi dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas. Namun, apakah ada cara alami untuk mengatasinya?


Dikutip dari NDTV Food, pada Rabu (3/7/2024), berikut ini beberapa makanan yang dapat Anda masukkan ke dalam pola makan dan membuat siklus menstruasi Anda lebih nyaman dan tanpa rasa sakit:

1. Pisang
Kaya akan kalium dan magnesium, pisang sangat bagus untuk mengurangi kembung dan membantu retensi air. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat meredakan nyeri dan menjaga tingkat energi sepanjang hari.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam , kangkung, brokoli kaya akan zat besi dan magnesium. Zat besi menggantikan kehilangan darah yang terjadi selama menstruasi sementara magnesium mengurangi kram. Makanlah sayuran hijau yang dimasak atau buat salad; sayuran hijau dapat mengurangi ketidaknyamanan saat menstruasi!


3. Gandum Utuh
Biji-bijian seperti gandum, quinoa , dan beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi serta kaya akan vitamin B dan magnesium. Biji-bijian ini membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi ketegangan otot, sehingga meredakan kram. Biji-bijian utuh ini juga dapat mencegah sembelit, yang terkadang terjadi bersamaan dengan menstruasi.

4. Jahe
Jahe memiliki khasiat antiradang yang kuat yang dapat mengurangi nyeri haid secara signifikan. Menambahkan jahe ke dalam teh atau bahkan ke dalam hidangan tertentu dapat mengurangi nyeri dan melancarkan pencernaan. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat sama efektifnya dengan ibuprofen dalam mengurangi nyeri saat menstruasi.

5. Nanas
Buah tropis ini kaya akan bromelain, enzim dengan sifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi kram saat menstruasi. Sepotong nanas yang sehat juga dapat membantu mengatasi gas.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *