Makanan yang Harus Dibatasi dan Disarankan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan yang harus dihindari dan dimakan untuk kesehatan kulit.(Foto: lifestyle kompas)

Sukoharjonews.com – Kulit adalah bagian terluar tubuh yang rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Untuk menjaga kulit tetap sehat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang padat gizi. Produk perawatan kulit, termasuk pelembap dan tabir surya (sunscreen) akan membantu kulit menjaga kelembapan alaminya. Akan tetapi, bantuan perawatan kulit dari dalam tubuh, seperti dari makanan dan minuman, juga memiliki manfaat yang sama pentingnya untuk kesehatan kulit Anda.


Dikutip dari NDTV Food, pada Jumat (17/5/2024), berikut penjelasan tentang makanan yang harus dibatasi dan disarankan untuk dimakan agar kulit tetap sehat:

Makanan yang harus dibatasi untuk menjaga kesehatan kulit

1. Produk susu
Jain menyarankan untuk menghindari produk susu karena merupakan makanan yang menyebabkan peradangan . Mengonsumsinya dapat menyebabkan lebih banyak peradangan di usus Anda – yang merupakan cerminan langsung dari kulit Anda.

2. Makanan olahan dan makanan ringan
Untuk memiliki kulit bersih, hindari makanan olahan dan camilan. Ahli gizi berbagi bahwa makanan olahan mengandung gula rafinasi, pemalsuan buatan, dan juga lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan lebih banyak peradangan di usus Anda dan melemahkannya. Ini akan berdampak langsung pada masalah kulit dan jerawat Anda.


3. Gula halus berlebihan
Mengonsumsi gula rafinasi secara berlebihan dapat meningkatkan insulin dan lonjakan gula darah Anda. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan kulit dan membuat Anda terlihat lebih tua di usia dini.

4. Makanan gorengan
Makanan yang digoreng menghasilkan radikal bebas yang berdampak langsung pada proses penuaan kulit Anda. Ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan di usus Anda dan memperburuk kondisi kulit Anda.


Makanan yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit

1. Kenari
Awali pagi hari Anda dengan segenggam kenari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih. Kacang kenari kaya akan Vitamin E dan membantu kulit bersinar secara alami.

2. Sayuran berdaun hijau
Karena kaya akan antioksidan, sayuran hijau adalah pilihan makanan yang luar biasa untuk kulit Anda. Sayuran hijau dapat membantu menghilangkan radikal bebas pada kulit dan menjadikannya lebih sehat dalam waktu singkat.


3. Buah jeruk
Dikemas dengan kebaikan Vitamin C, buah jeruk wajib dimiliki jika Anda ingin kulit halus dan bercahaya. Ini karena vitamin C membantu produksi kolagen. Beberapa contoh buah yang mengandung vitamin C adalah jeruk , kiwi, grapefruit, dll.

4. Teh hijau
Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga luar biasa untuk kulit Anda. Teh hijau kaya akan Vitamin E dan tidak mengandung kafein, sehingga menjadikannya pilihan minuman yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Demikian adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi dan sebaiknya dibatasi untuk tetap menjaga kesehatan kulit Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *