Makanan yang Harus Anda Makan Saat Mual

Makann yang harus dimakan saat mual.(Foto: popmama)

Sukoharjonews.com – Mual dapat membuat perut Anda terasa mual di saat-saat terburuk. Meskipun mual merupakan masalah pencernaan yang sangat umum, mual dapat membuat pikiran untuk makan menjadi tidak tertahankan. Apakah mual Anda dipicu oleh makanan yang buruk, mabuk perjalanan, masalah kesehatan, atau hal lainnya, menghadapi masalah pencernaan ini bukanlah hal yang menyenangkan. Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan dan hindari selama kondisi ini dapat berperan besar dalam seberapa cepat Anda merasa lebih baik?

Dikutip dari NDTV Food, pada Selasa (15/10/2024), berikut makanan yang harus Anda makan saat merasa mual:

1. Jahe
Jika perut Anda mual, jahe bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun — teh, bir, atau bahkan irisan — karena akar ini memiliki khasiat anti-mual. ​​Menurut penelitian yang dipublikasikan di StatPearls , senyawa bioaktif dalam jahe berinteraksi dengan sistem saraf Anda untuk meredakan mual. ​​Bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu banyak-banyak; hanya sedikit teh jahe atau irisan jahe dapat membantu menenangkan perut Anda.

2. Roti Panggang Biasa
Ada alasan mengapa makanan hambar dan bertepung direkomendasikan saat Anda merasa mual—makanan tersebut tidak terlalu mengganggu perut Anda. Ditambah lagi, bau yang kuat dapat membuat perut Anda tidak nyaman. Namun, hal ini tidak berlaku untuk makanan hambar dan bertepung. Pastikan untuk memakannya tanpa tambahan mentega atau selai—dan ini akan membuat perut Anda tetap tenang.

3. Pisang
Pisang tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga kaya akan kalium, yang dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang mungkin hilang saat muntah. Tekstur buah yang lembut dan rasa yang agak manis ini sangat cocok untuk menenangkan perut Anda . Selain itu, pisang mudah dicerna dan dapat memberikan tambahan energi yang sangat dibutuhkan setelah muntah.

4. Nasi atau Kentang
Seperti disebutkan di atas, makanan hambar dan bertepung sebaiknya menjadi pilihan utama jika perut Anda terasa tidak enak. Nasi atau kentang tawar mudah disiapkan dan tinggi kalori, yang dapat membantu menenangkan perut dan memberi energi. Pastikan untuk memakannya begitu saja dan hindari menambahkan mentega, rempah-rempah, atau saus.

5. Saus Apel
Saus apel adalah pilihan lain yang bagus (cocok untuk anak-anak) jika Anda ingin mengatasi mual. ​​Bumbu ini tidak hanya manis dan mudah dicerna; tetapi juga mengandung pektin, yang dapat membantu menenangkan lapisan perut dan mengatur pencernaan. Anda dapat membuat saus apel versi Anda sendiri di rumah tanpa gula. Cukup minum sesendok setiap kali Anda merasa mual.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar