Makanan yang Harus Anda Hindari Jika Anda Memiliki Kadar Estrogen Tinggi

Makanan yang harus dihindari jika estrogen tinggi. (Foto: Onlymyhealth)

Sukoharjonews.com – Bagi wanita, estrogen merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, hormon estrogen memainkan peran penting untuk kesehatan reproduksi wanita. Meskipun sering disebut “hormon wanita”, estrogen juga membantu berfungsinya tubuh pria dengan baik. Selain itu, metabolisme dan kepadatan tulang Anda juga dipengaruhi oleh estrogen.

Menurut spesialis Simrun Chopra, dominasi estrogen juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, menurunkan gairah seks, rambut rontok, dan migrain pada wanita. Pada pria, itu dapat bermanifestasi dalam bentuk infertilitas, masalah ereksi, hot flashes dan banyak masalah lainnya. Salah satu cara terpenting untuk mengatasi kondisi ini adalah melalui perubahan pola makan. Dilansir dari NDTV Food melalui beberapa sumber pada Selasa (14/2/2023) berikut makanan yang harus dihindari jika Anda mempunyai estrogen yang tinggi:

1. Gula dan Karbohidrat Halus
Keduanya adalah penyebab umum yang bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan. Mereka juga selalu hadir dalam makanan kemasan dan olahan, yang menyebabkan gangguan kadar gula darah dan kadar hormon. Pilih biji-bijian utuh dan komponen lain dari makanan kaya serat untuk menurunkan jumlah estrogen dalam tubuh Anda. Memotong gula rafinasi dan karbohidrat dari diet Anda juga akan membuka jalan bagi gaya hidup sehat secara umum.

2. Alkohol dan Kopi
Metabolisme estrogen terjadi di hati, yang dipengaruhi secara negatif oleh konsumsi alkohol. Apalagi, alkohol mengurangi kadar testosteron pada pria, yang bisa menjadi sumber masalah baru. Kopi adalah minuman lain yang harus dihindari oleh orang dengan dominasi estrogen karena asupan kafein yang berlebihan telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon.

3. Permen
Gula secara intrinsik terkait dengan berbagai hormon dalam tubuh Anda. Asupan gula yang meningkat dapat menyebabkan lebih banyak sel lemak, yang meningkatkan estrogen yang dikeluarkan ke dalam tubuh Anda. Inilah salah satu alasan mengapa makanan rendah lemak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki dominasi estrogen. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kadar insulin yang lebih tinggi dapat meningkatkan kadar estrogen serta testosteron dalam tubuh, yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

4. Daging Merah dan Olahan
Mengkonsumsi daging jenis ini dapat menyebabkan penumpukan estrogen, terutama pada wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu juga menempatkan mereka pada peningkatan risiko kanker payudara. Sebaliknya, pilihlah pola makan Mediterania dan pola makan nabati, karena keduanya cukup efektif dalam mengatur kadar estrogen. Perhatikan bahwa, beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi asupan kacang-kacangan dan kedelai karena keduanya kaya fitoestrogen.

5. Produk Susu
Makanan yang berasal dari hewan cenderung mengandung komponen estrogen sendiri. Oleh karena itu, disarankan agar Anda membatasi asupan susu dan produk susu untuk mengatur kadar hormon Anda. Bagi sebagian orang, produk susu dan daging merah menyebabkan peningkatan berat badan. Dokter sering menyarankan pasien dengan dominasi estrogen untuk berolahraga secara teratur dan menurunkan berat badan untuk melengkapi perubahan pola makan mereka.

Tubuh beberapa orang mungkin bereaksi berbeda terhadap makanan tertentu. Banyak faktor lain seperti stres dan gaya hidup berperan dalam dominasi estrogen. Ini adalah kondisi yang sangat kompleks dan karenanya, pendekatan holistik disarankan. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar