Penting Diketahui, Makanan yang Dapat Merusak Otak Anda

Makanan yang dapat merusak otak. (Foto: Rover Publishers)

Sukoharjonews.com – Makanan memang berpengaruh pada kesehatan, bahkan pada kinerja otak. Otak adalah organ penting bagi tubuh yang bertanggung jawab untuk menjaga tekanan darah, menjaga detak jantung dan pernapasan paru-paru, melepaskan hormon, dan menafsirkan segala sesuatu mulai dari suara dan cahaya hingga rasa sakit.


Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan apa saja yang sebenarnya tidak baik untuk otak tapi kerap dikonsumsi manusia. Mengutip dari WebMD pada Minggu (12/2/2023) berikut beberapa makanan yang buruk untuk otak Anda:

1. Margarine
Makanan ini, bersama dengan banyak makanan ringan kemasan, mengandung lemak trans yang tinggi. Anda mungkin tahu bahwa lemak trans tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah. Penelitian telah menemukan bahwa mereka juga dapat mendatangkan malapetaka pada fungsi otak. Sebuah studi dari jurnal Neurology menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang memiliki tingkat asam elaidic tertinggi (jenis lemak trans yang umum) dalam darah mereka paling mungkin mengembangkan demensia.


2. Soda dan minuman manis lainnya
Jika Anda ingin otak Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia, hindari minuman super manis. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum banyak soda, teh manis, dan minuman manis lainnya lebih mungkin mengalami masalah ingatan. Minuman ini, yang seringkali mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa, bahkan dapat menyebabkan bagian tertentu dari otak Anda menjadi lebih kecil.

3. Kentang goreng dan makanan goreng lainnya
Orang yang banyak makan gorengan, makanan olahan cenderung mendapat nilai lebih buruk pada tes yang mengukur kemampuan berpikir mereka. Kemungkinan alasannya: makanan yang digoreng dan berlemak. Kenikmatan bersalah ini menyebabkan peradangan, yang dapat merusak pembuluh darah yang memasok darah ke otak dan melukai otak itu sendiri.


4. Donat
Camilan lezat ini digoreng dan sarat dengan gula, kombo yang buruk jika menyangkut kesehatan otak. Anda mendapatkan peradangan ganda dari proses penggorengan dan kelebihan gula. Penelitian telah menghubungkan kadar gula yang tinggi dalam darah dengan demensia. Lebih buruk lagi: Kebanyakan donat mengandung lemak trans, bahan lain yang tidak dibutuhkan otak Anda.

5. Daging merah
Ini tinggi lemak jenuh, yang buruk bagi jantung dan juga otak Anda. Faktanya, membatasi daging merah adalah prinsip utama Diet MIND, sebuah program makan berbasis penelitian yang bertujuan untuk menjaga daya ingat dan pikiran Anda tetap tajam. Ingin sumber protein yang lebih baik untuk otak Anda? Ikan, unggas tanpa lemak, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang lebih sehat.


6. Alkohol
Meskipun segelas anggur atau bir tidak mungkin mengacaukan pikiran Anda, alkohol secara langsung memengaruhi jalur komunikasi otak. Semakin banyak Anda minum, semakin sulit untuk memproses informasi baru atau mengingat sesuatu. Alkohol juga dapat membuat Anda merasa bingung atau depresi. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *