Makanan yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Anda

Makanan bantu turunkan tekanan darah.(Foto: prevention)

Sukoharjonews.com – Walaupun sudah mendapatkan penanganan medis dari dokter, penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap perlu menjaga konsumsi makanannya. Hal tersebut dimaksudkan agar tekanan darah tetap stabil. Maka dari itu, ada beberapa makanan penurun darah tinggi yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.


Dilansir dari WebMD, Senin (27/5/2024), salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi yang dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah pisang. Pisang diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Sayuran Hijau
Garam membuat tubuh Anda menahan lebih banyak cairan. Hal ini meningkatkan volume darah dan tekanan pada arteri, yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Isi piring Anda dengan sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, atau sawi untuk menambah potasium. Mineral ini membantu mengeluarkan natrium dari tubuh Anda melalui urin dan melemaskan dinding pembuluh darah Anda.

Berry Baik untuk Anda
Pigmen yang memberi warna kaya pada blueberry, stroberi, dan blackberry juga memberikan manfaat bagi pembuluh darah Anda: antosianin. Ini adalah senyawa alami yang dapat membantu dinding arteri menjadi lebih lebar dan fleksibel untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.


Yogurt
Kalsium adalah pemain kunci untuk tekanan darah yang baik karena membantu pembuluh darah Anda mengencang dan rileks pada saat yang seharusnya. Yoghurt polos dan rendah lemak adalah cara yang baik untuk menambahkan kalsium ke dalam makanan Anda tanpa terlalu banyak tambahan gula atau lemak. Mencari sentuhan rasa? Masukkan beberapa buah beri untuk mendapatkan rasa manis alami dan bahkan lebih membantu tekanan darah.

Ikan
Sumber kalsium lain yang baik adalah ikan tanpa tulang, seperti salmon kalengan atau sarden. Ikan berminyak seperti makarel dan sarden juga kaya akan omega-3, asam lemak yang meningkatkan kesehatan dan membantu jantung Anda. Studi tentang suplemen minyak ikan menunjukkan bahwa suplemen tersebut dapat menurunkan tekanan darah Anda, terutama jika tekanan darah tinggi Anda sedang atau parah.

Havermut
Gandum utuh ini sehat, mengenyangkan, dan rendah sodium. Ini juga penuh serat, yang membantu menjaga berat badan dan tekanan darah Anda tetap terkendali. Masak oat gulung atau oat yang dipotong baja dengan air atau susu rendah lemak. Ganti sirup maple atau gula merah dengan kismis atau pisang untuk menambah rasa manis. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *