Makanan yang Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Saat Promil

Makanan yang bisa bantu tingkatkan kesuburan saat promil. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Bagi yang sudah menikah dan sedang berencana menjalani program hamil, satu hal yang jadi perhatian besar bagi kamu dan pasanganmu saat ini mungkin adalah masalah kesuburan. Dalam meningkatkan kesuburan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat lewat asupan makanan.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (22/3/2023), pola hidup yang kamu jalani dengan sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti mengandung lemak trans, indeks glikemik yang tinggi, sampai dengan kebiasaan mengonsumsi soda, ketiga jenis makanan tersebut disebut dapat menurunkan kesuburan seseorang. Untuk meningkatkan kesuburan, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, misalnya makan makanan yang kaya akan vitamin C dan D, asam folat, hingga zinc.

Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan asam folat, vitamin A, potasium, dan magnesium. Menurut seorang ilmuwan dari University of Wisconsin pada tahun 2011, ia menyebut bahwa perempuan yang kekurangan vitamin A cenderung sulit untuk hamil. Asam folat yang terkandung dalam alpukat meningkatkan kemungkinan perempuan untuk hamil dan proses kelahiran yang sukses.

Alpukat juga disebut sumber potasium yang sangat baik dan lebih kaya nutrisi daripada pisang. Tak hanya kekurangan asam folat, perempuan yang kekurangan kalium dan magnesium juga dapat menyebabkan perkembangan kista ovarium dan masalah infertilitas.

Bayam
Bayam memang telah lama dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan sumber zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung asam folat dan vitamin C yang dapat membantu perempuan maupun pria menjadi lebih subur.

Perempuan yang tidak mendapatkan cukup zat besi juga lebih mungkin mengalami gagal ovulasi dan kesehatan sel telur yang buruk, sehingga hal inilah yang menyebabkan perempuan hingga 60 persen lebih sulit dibandingkan dengan yang memiliki kadar zat besi normal.

Selain itu, kamu yang ingin meningkatkan kesuburan juga perlu memperhatikan konsumsi vitamin C, lho. Sebab vitamin ini dapat membantu mengatur siklus menstruasi serta meningkatkan kadar estrogen sekaligus menurunkan kadar progesteron.

Salmon
Makanan yang banyak tersedia di restoran Jepang yang satu ini juga dinilai sebagai asupan yang bisa meningkatkan kesuburan, baik pria maupun perempuan. Salmon kaya akan asam lemak, selenium, dan vitamin D, yang bagus untuk orang yang sedang ingin melakukan program hamil.

Vitamin D seperti yang terdapat pada salmon dapat memainkan peran yang menarik dalam kesuburan. karena membantu perempuan untuk menghasilkan lebih banyak sel telur, sehingga meningkatkan peluang untuk hamil.

Tomat
Buah tomat yang sering jadi pilihan untuk merawat kesehatan kulit agar glowing, ternyata juga bisa jadi pilihan makanan yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Zat likopen yang memberi warna merah tua pada tomat juga sehat untuk sperma pria yang memungkinkan mereka bergerak lebih cepat melalui sistem reproduksi perempuan.

Selain itu, untuk perempuan, likopen pada tomat juga dapat berperan untuk mencegah pembentukan endometriosis, yaitu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan perempuan sulit untuk hamil.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar